nusabali

Ketua MK Anwar Usman Lamar Adik Presiden Jokowi

  • www.nusabali.com-ketua-mk-anwar-usman-lamar-adik-presiden-jokowi

SOLO, NusaBali
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, 65, akan segera menikahi adik kandung Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Idayati, 55.

Prosesi lamaran resmi sudah dilakukan, Sabtu (12/3) lalu. Kabar tersebut dibenarkan oleh Walikota Solo yang juga putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Menurut Gibran, lamaran telah dilakukan pada, Sabtu (12/3) pekan lalu, yakni ketika Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Solo.

"Iya (tanggal 12 Maret sudah lamaran)," kata Gibran saat dijumpai di Balai Kota Solo, Senin (21/3). Namun Gibran tidak dapat menghadiri acara lamaran tersebut. Gibran saat itu masih menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19 sekaligus demam berdarah.

"Itu kan saya masih lemas," ujarnya dilansir detik.com. Berdasarkan informasi, lamaran resmi Anwar Usman telah diterima keluarga yang diwakili Jokowi sebagai kakak laki-laki dari Idayati, pada 12 Maret lalu. Sedangkan resepsi pernikahan tersebut direncanakan akan digelar 26 Mei 2022 di Solo dilanjutkan acara pada 28 Mei 2022 digelar di Sumbawa, Provinsi NTB yang merupakan daerah asal Anwar Usman. Namun saat ditanya, Gibran mengaku belum mengetahui secara pasti kapan resepsi pernikahan pasangan itu akan dilangsungkan.

"Saya nggak tahu tanggal pasnya. Tanya yang bersangkutan saja, tanya Bu Ida. Di Solo apa di Jakarta saya belum tahu (resepsi pernikahannya)," pungkasnya. Terpisah saat dihubungi wartawan melalui pesan WhatsApp, Idayati membenarkan prosesi lamaran sudah dilakukan pada Sabtu (12/3) lalu di Kota Solo, Jawa Tengah. Anak ketiga pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi ini mengaku merasa senang atas kabar bahagia dirinya tersebut. "Iya, sudah, suwun (terima kasih) ya. Salam sehat selalu. Seneng saja," tulis Idayati dalam pesan WhatsApp, Senin kemarin dilansir kompas.com.

Idayati akan genap berumur 56 tahun pada Mei 2022. Selama proses perkenalan dengan Anwar Usman, Idayati mengaku berlangsung secara singkat. Kakak kandung Titik Relawati itu mengaku ada teman yang menjadi perantara keduanya. Namun ia enggan membeberkannya. "Bulan Oktober 2021 dikenalin temen. Ada klik," katanya. Idayati menambahkan, berdasarkan kesepakatan, akan melakukan akad nikah dan resepsi dengan Anwar Usman di Kota Solo pada Kamis, 26 Mei 2022, nanti. Namun untuk acara resepsi di Bima, Nusa Tenggara Barat tempat kelahiran Anwar, ia belum bisa memastikan. "Yang tanggal 26 (Mei) sudah fix, tapi yang Bima kayaknya belum," ungkapnya.

Untuk diketahui suami Idayati, Hari Mulyono, meninggal dunia pada 24 September 2018 di RSPAD Jakarta. Sedangkan istri Anwar Usman, Suhada Ahmad Sidik, meninggal dunia pada 26 Februari 2021 yang lalu karena serangan jantung. Selain Idayati, Jokowi juga memiliki dua adik perempuan lain, yakni Iit Sriyantini dan Titik Relawati. Jokowi sebenarnya juga memiliki seorang adik laki-laki, namun dia meninggal dunia saat persalinan. Kalau Jokowi sebelumnya seorang pengusaha, pekerjaan 3 adik perempuannya ini tidak banyak diketahui. Begitu juga kehidupan mereka.

Khusus Idayati, ada sedikit informasi tentang keluarganya. Idayati sebelumnya menikah dengan pria bernama Hari Mulyono dan dikaruniai dua orang anak.  Hari Mulyono diketahui ikut mengelola perusahaan milik Jokowi, PT Rakabu. Dia juga pernah memimpin sebuah asosiasi perusahaan penghasil papan barecore, Indonesian Barecore Association (IBCA). Hari Mulyono meninggal dunia setelah menjalani perawatan di rumah sakit, Senin, 24 September 2018. *

Komentar