nusabali

Inilah Program Beasiswa di Era Presiden Soekarno

  • www.nusabali.com-inilah-program-beasiswa-di-era-presiden-soekarno

DENPASAR, NusaBali
Soekarno merupakan Presiden Indonesia yang pertama. Ia menjabat sebagai presiden sejak 1945-1966.

Selama kepemimpinannya, ia telah melakukan berbagai perubahan untuk Indonesia. Salah satunya adalah di bidang pendidikan. Di bidang pendidikan, ia menggulirkan sejumlah program beasiswa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Beasiswa tersebut juga datang dari bantuan negara lain.

Beasiswa yang digulirkan saat itu antara lain Beasiswa Ikatan Dinas. Program Beasiswa Ikatan Dinas dilakukan sejak 1960 oleh Presiden Soekarno. Beasiswa ini mengirim ribuan pelajar ke luar negeri untuk melanjutkan studi. Salah satu penerima manfaat beasiswa tersebut adalah Sunarto.

Ketika itu, Sunarto yang berusia 21 tahun mendapat kesempatan kuliah di Jurusan Teknik Industri Tekstil di Universitas Dresden, Jerman Timur. Selama kuliah, Sunarto mendapat uang dari pemerintah Indonesia sebesar tujuh poundsterling. Penerima beasiswa ini disebut Mahasiswa Ikatan Dinas (Mahid).

Beasiswa Pampasan Perang Dunia Program beasiswa berikutnya pada era Presiden Soekarno adalah Beasiswa Pampasan Perang Dunia atau Baisyo Ryugakusei. Dana beasiswa ini berasal dari Pemerintah Jepang. Beasiswa ini diberikan pemerintah Jepang pada 1960-an. Ketika itu, mahasiswa Indonesia dikirim ke berbagai universitas yang berada di Jepang. *

Komentar