nusabali

Covid-19 Mereda, Puluhan PMI Diberangkatkan ke Luar Negeri

  • www.nusabali.com-covid-19-mereda-puluhan-pmi-diberangkatkan-ke-luar-negeri

AMLAPURA, NusaBali
Kasus Covid-19 mereda, World Training Center (WTC) Hotel and Cruise Liner Amlapura memberangkatkan 35 pekerja migran Indonesia (PMI) ke sejumlah negara.

Sementara WTC Pemagangan di Jepang memberangkatkan 6 PMI ke Jepang. Bendahara Yayasan Marina Duta Mandiri WTC Amlapura, I Gusti Ayu Nyoman Meiyari Astrininghati, mengungkapkan sebanyak 6 PMI tujuan Chiba Jepang diberangkatkan pada Sabtu (12/3). Pada Selasa (29/3) besok memberangkatkan 3 PMI tujuan Iwate Jepang dan Ibaraki Jepang sebanyak 3 orang. “Pekerjaan mereka beragam, ada konstruksi, mesin, pertanian, dan lainnya. Kami sini hanya memberikan pelatihan bahasa Jepang saja, mereka telah memiliki ketrampilan kerja. Kami berangkatkan sesuai permintaan dari Jepang,” kata Meiyari.

Sebelum diberangkatkan ke Jepang, calon tenaga kerja ini magang di beberapa tempat sesuai kompetensinya. Misalnya tentang pertanian magang di Desa Besakih, Kecamatan Rendang. “Mereka sebetulnya statusnya magang, belajar sambil kerja, kontraknya 3 tahun,” jelas Meiyari. Sementara calon tenaga kerja ke Jepang yang masuk daftar tunggu sebanyak 24 orang. Terpisah, Bidang Rekrutmen WTC Hotel and Cruise Liner Amlapura, Rizky Rejadi mengatakan telah memberangkatkan 35 PMI ke beberapa negara sejak November 2021. Negara yang dituju yakni Uni Emirat Arab, Maladewa, Turki, Nigeria, Thailand, dan Singapura. “Hanya saja selama Februari kemarin, sempat mengalami hambatan, banyak kantor kedutaan tutup sehingga terhambat mengurus visa,” ungkap Rizky.

Kontrak tenaga kerja untuk di kapal pesiar selama 9 bulan, sedangkan yang kerja di darat selama 2 tahun, selanjutnya bisa diperpanjang. “Masuk daftar tunggu untuk diberangkatkan ke luar negeri sebanyak 30 tenaga kerja,” kata Rizky. Biaya tenaga kerja ke luar negeri beragam, tergantung negara tujuan. *k16

Komentar