nusabali

Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Penganyar di Pura Besakih

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-ngaturang-bakti-penganyar-di-pura-besakih

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung melaksanakan Upacara Nganyarin serangkaian Karya Ida Bhatara Turun Kabeh, di Pura Penataran Agung, Pura Agung Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Saniscara Wage Dukut, Sabtu (19/3).

Rombongan penganyar ini dipimpin oleh Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Sri Kasta bersama anggota TP-PKK yang dipimpin oleh Ayu Suwirta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, serta jajaran OPD terkait di lingkungan Pemkab Klungkung.

Bakti penganyar Pemkab Klungkung dipuput Ida Peranda Gede Rai Putra Keniten Gria Gede Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. Prosesi upacara diisi dengan pementasan tari topeng dan dilanjutkan dengan persembahyangan yang diawali dengan mamanjatkan Puja Trisandya.

Usai melaksanakan persembahyangan, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyerahkan dana punia yang diterima oleh prajuru setempat.

Wabup Kasta mengatakan, upacara nganyarin yang merupakan rangkaian dari upacara Karya Ida Betara Turun Kabeh ini, bertujuan untuk menghaturkan rasa syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan Ida Betara Sesuhunan yang berstana di Pura Besakih. "Kami juga memohon keselamatan alam beserta isinya," ujar Wabup Kasta yang juga seorang penekun spiritual ini.

Di hari yang sama, Wabup Made Kasta didampingi Sri Kasta juga mengaturang bakti di Pura Pusat KI Mantri Tutuan-Bukit Buluh, Desa Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung. Persembahyangan ini merupakan rangkaian dari upacara Karya Agung Mamungkah, Tawur Labuh Gentuh, Panyegjeg Jagat, Ngenteg Lingih, Padudusan Agung Miwah Mapeselang di Pura Pusat Ki Mantri Tutuan Bukit Buluh, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan.  Puncak karya jatuh bertepatan dengan Rahina Purnama Kadasa pada hari Kamis (17/3) lalu.

Sebelumnya, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Ayu Suwirta muspayang bakti Puncak Karya Tawur Tabuh Gentuh lan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh, di Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Wraspati Paing, Wuku Dukut, Purnama Sasih Kedasa, Kamis (17/3) pagi.

Sementara itu, bertepatan dengan Rahina Soma Wage Dukut, Senin (14/3) lalu, Pemkab Klungkung dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, melaksanakan Upacara Nedunang Ida Bhatara di Pura Gelap, Desa Besakih. *wan

Komentar