nusabali

Pedagang Kembali Merangsek ke Jalur Pamedek Pura Besakih

  • www.nusabali.com-pedagang-kembali-merangsek-ke-jalur-pamedek-pura-besakih

AMLAPURA, NusaBali
Puluhan pedagang kembali merangsek ke jaba pura dan jalur pamedek di Pura Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Padahal pada tahun 2017 Badan Pengelola Objek Wisata Pura Besakih sudah melakukan penertiban dan melarang pedagang berjualan di areal Pura Besakih. “Ini masih masa transisi, belum ada tempat untuk merelokasi pedagang, seluruh kios dibongkar untuk dibangun ulang karena ada proyek penataan,” jelas Bendesa Adat Besakih Jro Mangku Widiartha, Jumat (18/3).

Sebelumnya berlaku larangan berjualan di zona pengelolaan Pura Besakih. Tidak satu pun ada pedagang yang jualan di areal Pura Besakih mulai dari Bencingah Agung, Pura Soring Ambal-ambal, jalur ke utara Pura Pedharman, Pura Gelap, dan sekitarnya. Saat itu pedagang diwajibkan jualan di pinggiran terminal, kios, dan pinggir jalan raya. Kini terminal dibongkar, jalan raya krodit ada proyek penataan, sehingga pedagang jualan di jaba Bencingah Agung, Bencingah Agung, Pura Soring Ambal-ambal, jalur Pura Pedharman, dan sekitarnya.

Bahkan di jalur masuk ke Pura Penataran Agung Besakih juga ada pedagang. Jika pamedek membeludak, diperkirakan akan kesulitan melintas memasuki Pura Penataran Agung Besakih. Nyaris di setiap jaba pura ada pedagang yang didominasi penjual canang, minuman, dan makanan ringan. Ada juga jual jas hujan dan payung. Jro Mangku Widiartha mengatakan, target penataan Pura Besakih tuntas Desember 2022. Seluruh sarana dibangun ulang termasuk kios dan terminal. Setelah penataan tuntas, pedagang kembali ditertibkan. Pedagang nantinya jualan di kios, juga jualan di tempat khusus satu areal dengan parkir empat lantai. Pamedek yang belanja bisa di satu lokasi. *k16

Komentar