nusabali

Krisis Darah AB, PMI Gencarkan Donor Darah

  • www.nusabali.com-krisis-darah-ab-pmi-gencarkan-donor-darah

SEMARAPURA, NusaBali
Palang Merah Indonesia (PMI) Klungkung belakangan ini mengalami krisis stok darah, khususnya golongan AB.

Sedangkan stok darah golongan lain hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan beberapa pekan ke depan. Kondisi ini akibat pendonor sejak beberapa bulan terakhir minim.

Hal itu diakui Ketua PMI Klungkung I Made Kasta. Kata dia, stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Klungkung sangat terbatas terutama golongan darah AB. Dua minggu terakhir golongan darah AB dan O sangat kurang. Namun golongan darah O sudah tercukupi dengan aksi donor yang digelar ditempat lain.

Melihat kondisi tersebut PMI terus mendoron OPD dan komunitas lain menggelar donor darah. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klungkung, misaknya kembali menggelar donor darah, Jumat (18/3). Kegiatan dilaksanakan di lantai II ruang rapat Kantor Disdukcapil, dihadiri Wakil Bupati Klungkung yang juga Ketua PMI Klungkung I Made Kasta.

Wabup Made Kasta mengatakan, semenjak masa pandemi Covid-19 stok darah di PMI semakin menipis. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan relawan donor darah untuk memastikan pasokan darah di Klungkung. Wabup Kasta mengapresiasi aksi Disdukcapil setiap tiga bulan melaksanakan donor darah. "Aksi ini sangat membantu PMI Klungkung dalam persediaan darah bagi yang membutuhkan," ujar Wabup Kasta.

Wabup asal Desa Akah, Kecamtan Klungkung ini juga mengajak semua OPD di jajaran Pemkab Klungkung untuk menggelar aksi sosial ini seperti yang dilaksanakan Disdukcapil. "Semoga OPD lain bisa mengikuti aksi sosial Disdukcapil ini, demi kemanusiaan dan keberlangsungan stok darah di PMI Klungkung," harap Wabup Kasta. *wan

Komentar