nusabali

Menparekraf Sandiaga Uno Naik Fast Boat dari Padangbai

Jelang Balap MotoGP Mandalika, Antrian di Padangbai Masih Padat

  • www.nusabali.com-menparekraf-sandiaga-uno-naik-fast-boat-dari-padangbai

AMLAPURA, NusaBali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno tak ketinggalan hadir untuk menyaksikan langsung ajang balap MotoGP di Sirkuit Mandalika Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, 18-20 Maret.

Sandiaga Uno pun memilih menyeberang ke Lombok dari Bali dengan menaiki fast boat (kapal cepat) melalui Dermaga Rakyat Padangbai, Banjar Segara, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Jumat (18/3) pagi pukul 08.45 Wita.

"Saya menyeberang gunakan fast boat Dermaga Rakyat Padangbai, salah satu tujuannya untuk membangkitkan industri pariwisata di Padangbai. Saya tahu fast boat selama ini mengantar wisatawan ke Objek Wisata Gili Trawangan," jelas Menparekraf Sandiaga Uno kepada wartawan sesaat sebelum menyeberang di Dermaga Rakyat Padangbai, Jumat kemarin. Rombongan Menparekraf Sandiaga Uno menyeberang bersama sejumlah komunitas motor, BTB (Bali Tourism Board) dan komponen pariwisata di Bali.

Salah satu harapannya untuk kembali menggairahkan industri pariwisata, terutama yang hendak berwisata ke Objek Wisata Gili Trawangan di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Tidak hanya menyaksikan ajang balap MotoGP, Menparekraf Sandiaga Uno juga lakukan sejumlah kunjungan kerja di NTB.

Sementara data yang dihimpun, jelang ajang balap MotoGP di Sirkuit Mandalika arus penumpang dari Dermaga Rakyat Padangbai juga terus meningkat sejak, Selasa (15/3) lalu. Saat pandemi hanya setiap empat hari sekali diberangkatkan satu fast boat, namun sejak Selasa (15/3) jumlah fast boat yang berangkat meningkat dan setiap hari.

Diawali KM Eka Jaya 25 berangkat mengangkut 72 penumpang pada Selasa lalu, disusul Rabu (16/3) KM Eka Jaya 25 mengangkut 65 penumpang dan KM Ostian3 mengangkut 25 penumpang, kemudian meningkat lagi terjadi Kamis (17/3) tiga fast boat yang diberangkatkan KM Marina Srikandi 02 mengangkut 13 penumpang, KM Ostian 3 mengangkut 24 penumpang dan KM Eka Jaya 25 mengangkut 162 penumpang, disusul Jumat (18/3) sebanyak 4 fast boat yang menyeberang, yakni KM Eka Jaya 26 mengangkut 170 penumpang, KM Eka Jaya 25 mengangkut 169 penumpang, KM marina Srikandi 02 mengangkut 32 penumpang dan KM Ostia 3 mengangkut 106 penumpang. Total telah diberangkatkan sejak, Selasa (15/3) lalu sebanyak 838 penumpang.

Terpisah Kepala Kantor Kesyahbandaraan Pelabuhan Kelas IV Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengatakan jelang ajang balap MotoGP di Mandalika, arus penumpang meningkat baik di Dermaga Rakyat Padangbai maupun di Pelabuhan Padangbai.

Bahkan di Pelabuhan Padangbai sampai antri untuk menyeberang, terlihat mobil-mobil mewah yang menyeberang antri masuk dermaga, di samping puluhan bus wisata. Disebutkan, arus penumpang yang menyeberang setiap hari meningkat sejak, Selasa (15/3) dari Pelabuhan Padangbai diawali sebanyak 1.374 penumpang, disusul Rabu (16/3) sebanyak 1.739 penumpang, Kamis (17/3) sebanyak 1.913 penumpang dan Jumat kemarin sebanyak 2.321 penumpang.

"Penumpang kendaraan roda dua, dan mobil pribadi yang menyeberang juga meningkat setiap hari," kata Eka Suyasmin. Pantauan Jumat kemarin di Pelabuhan Padangbai, antrian kendaraan masih terjadi untuk menunggu giliran diberangkatkan ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, NTB. Kemarin juga tampak peningkatan signifikan kendaraan roda dua untuk menyeberang ke Lombok. Mereka rata-rata datang ke Lombok untuk ikut menyaksikan ajang Balap MotoGP di Sirkuit Mandalika. Secara teknis bongkar muat lancar dan sebanyak 26 kapal dioperasikan untuk melayani penyeberangan ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, NTB. *k16

Komentar