nusabali

SDN 3 Antiga Kelod Dinobatkan sebagai Sekolah Aktif Literasi Nasional

  • www.nusabali.com-sdn-3-antiga-kelod-dinobatkan-sebagai-sekolah-aktif-literasi-nasional

AMLAPURA, NusaBali
SDN 3 Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Karangasem dinobatkan sebagai sekolah aktif literasi nasional dalam acara Festival Literasi Nasional 2022 melalui program Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Nasional.

Program GSMB Nasional diselenggarakan oleh Nyalanesia Surakarta. SDN 3 Antiga Kelod mengikuti bidang penulisan dan perlombaan literasi. Kasek SDN 3 Antiga Kelod, Ni Nyoman Budi Parwati SPd SD, mengirimkan 50 puisi karya siswa kelas III, kelas IV, kelas V, dan kelas VI. Kumpulan puisi itu diterbitkan jadi buku antologi berjudul Cahaya Kecil dari Bali Timur.

Budi Parwati mengungkapkan, 50 puisi itu dikumpulkan sejak tahun 2021. Persyaratan ikut Festival Literasi Nasional 2022 yakni aktif menggelar literasi selama April 2021 hingga Maret 2022. Sebanyak 1.378 SD dari 33 provinsi mengikuti festival ini. Seluruh peserta difasilitasi oleh penyelenggara, Nyalanesia. Para siswa diajak berpetualang bersama dengan mengikuti workshop dan sertifikasi kompetensi, penulisan dan perlombaan literasi, penerbitan dan percetakan buku ber-ISBN, fasilitas pembuatan dan perlombaan website literasi sekolah, konsultasi dan pengembangan program literasi, seminar dan sarasehan, serta penganugerahan penghargaan.

Menurut Budi Parwati, program GSMB Nasional sebagai solusi untuk mengakselerasi kualitas budaya literasi dan mutu pendidikan secara efektif, efisien, dan penuh suka cita. “Setelah penilaian buku antologi puisi yang saya ikutkan dalam festival itu, SDN 3 Antiga Kelod dinyatakan sebagai sekolah aktif literasi nasional. Kami aktif melibatkan siswa menulis dan berkarya,” jelas peraih predikat calon kepala sekolah terbaik Karangasem tahun 2022 itu. Festival diselenggarakan serangkaikan HUT ke-227 Kota Surakarta. Trofi dan sertifikat yang didapatkan dikirim melalui paket karena tidak bisa hadir sehubungan masih pandemi Covid-19. “Seluruh siswa yang berkarya dalam buku antologi puisi itu dapat sertifikat,” jelasnya.

Selama siswa aktif menulis puisi juga dibimbing guru Ni Wayan Sudi. Dalam buku itu, Ni Wayan Sudi juga menyelipkan salah satu karya puisinya yang berjudul Ayah. Sejumlah siswa yang hasil karyanya dimuat dalam buku antologi puisi di antaranya Ni Luh Novita Sari siswi kelas VI dengan judul Ibu, I Gede Agus Saputra kelas V dengan judul Guruku, I Komang Krisna Galih Saputra kelas IV dengan judul Anjingku, Sayu Komang Paramita Dewi kelas III dengan judul Kucingku. SDN 3 Antiga Kelod juga punya perpustakaan untuk mengoptimalkan pendidikan literasi. Setiap kelas ada jam kunjungan. *k16

Komentar