nusabali

PHRI Tabanan Sebut Kondisi Wisatawan Masih Dinamis

  • www.nusabali.com-phri-tabanan-sebut-kondisi-wisatawan-masih-dinamis

TABANAN,NusaBali
PHRI Kabupaten Tabanan optimis kunjungan wisatawan domestik meningkat. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara diprediksi dalam tiga bulan ke depan baru akan terlihat perkembangannya, signifikan atau tidak.

"Sekarang ini semua masih dinamis," ujar Ketua BPC PHRI Tabanan I Gusti Bagus Damara, Kamis(17/3), ketika ditanya tentang potensi kunjungan wisman ke Bali, termasuk ke Tabanan, pasca kebijakan tidak lagi  ada karantina bagi wisman.Dan penerapan VOA.

Dinamis dimaksud adalah semakin banyaknya maskapai yang melakukan penerbangan ke Bali. Namun di pihak lain, masih ada negara-negara yang belum sepenuhnya open. Misalnya Indonesia memberlakukan non karantina, di negara tertentu asal wisman menerapkan karantina setelah warga negaranya pulang dari Indonesia. "Jadi kita tidak bisa melihat dari sisi kita saja, namun juga harus melihat dari persoalan negara asal wisman," ucap Bagus Damara.

Selain itu untuk berwisata, mereka (wisman) umumnya tidak melakukan secara mendadak. Tetapi melalui  perencanaan jauh hari sebelumnya. Selain memang sudah ada wisman yang memang sudah siap sejak sebelumnya. Sehingga ketika ada peluang pelonggaran  ke Bali, yang bersangkutan langsung datang. "Sehingga semua masih dinamis," ucapnya.

Memang kata Bagus Damara, sudah ada peningkatan kunjungan wisman beberapa hari belakangan. Namun apabila dibandingkan dengan jumlah kamar yang ada, peningkatan kunjungan wisman belum berpengaruh signifikan terhadap tingkat hunian. "Karenanya tiga bulan nanti barulah akan terlihat pengaruhnya," ucap Bagus Damara.

Sedangkan untuk  wisdom, Bagus Damara optimis meningkat lebih cepat. Apalagi ada weekend, juga liburan hari raya keagamaan. "Sekarang saja rombongan bus-bus sudah mulai datangi DTW, "kata Bagus Damara. *k17

Komentar