nusabali

Imigrasi Catat 1.384 WNA Ajukan VoA

  • www.nusabali.com-imigrasi-catat-1384-wna-ajukan-voa

WNA yang paling banyak mengajukan VoA berasal dari Australia, Amerika, Rusia, Inggris, dan Prancis

MANGUPURA, NusaBali

Sejak diberlakukannya Visa on Arrival (VoA) bagi wisatawan asing yang datang berlibur ke Pulau Dewata, Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai mencatat sudah ada 1.384 yang mengajukan permohonan. Pengajuan VoA ini nyaris separuh dari total keseluruhan wisatawan asing yang tiba di bandara tersibuk kedua di Indonesia itu.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Ngurah Rai, I Nyoman Gede Surya Mataram, mengatakan sejak aturan VoA mulai diberlakukan sejak 7 Maret 2022, tercatat sudah ada 1.384 wisatawan yang melakukan pengajuan. Total tersebut nyaris separuh dari data pergerakan wisatawan masuk ke Pulau Dewata, yakni sebanyak 4.330 orang. “Pemohon VoA itu cukup banyak, sudah menyentuh angka seribuan,” katanya, Kamis (17/3).

Diakui, total 4.330 wisatawan asing yang masuk Bali itu tercatat sejak dibukanya penerbangan per 3 Februari 2022. Sementara untuk pemberlakuan VoA baru diberlakukan per 7 Maret 2022. Namun sudah ada seribuan yang mengajukan permohonan VoA. Ditanyai terkait asal negara yang paling banyak melakukan pengajuan, Surya Mataram mengaku kalau yang dominan adalah dari Australia, Amerika, Rusia, Inggris, dan Prancis. “Ada 5 negara yang mendominasi pengajuan. Namun, tetap ada wisatawan negara lainnya yang juga VoA,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Taufan Yudhistira. Dia mengatakan terhitung sejak 3 Februari 2022 hingga 16 Maret 2022, total jumlah penumpang internasional yang mendarat di Bandara Ngurah Rai mencapai 10.746 orang. Jumlah tersebut gabungan antara penumpang yang berstatus WNI maupun WNA, yang diangkut oleh 188 pesawat. Di rute kedatangan internasional selama periode tersebut total mencapai 7.393 penumpang yang diangkut 95 pesawat. Sedangkan keberangkatan internasional mencapai 3.353 penumpang yang diangkut 93 pesawat.

“Pencatatan ini hanya pada rute penerbangan internasional. Sementara yang mendominasi saat ini dari rute kedatangan,” kata Taufan.

Untuk diketahui, sejak dibukanya penerbangan langsung rute internasional ke Bandara Ngurah Rai, Angkasa Pura I mencatat sudah ada enam maskapai yang melayani penerbangan langsung. Maskapai yang melayani penerbangan lansung yakni yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Jetstar Asia Airways, Scoot Tigerair, KLM Royal Dutch Airlines dan Malaysia Airlines. *dar

Komentar