nusabali

Dana Pemilu Rp 86 Triliun Sudah Disepakati

Tak Ada Alasan Penundaan Pemilu lagi

  • www.nusabali.com-dana-pemilu-rp-86-triliun-sudah-disepakati

JAKARTA,NusaBali
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, dari Fraksi PDI Perjuangan Junimart Girsang menegaskan bahwa anggaran Pemilu 2024 sudah disepakati antara Komisi II DPR RI dengan penyelenggara pemilu sebesar Rp 86 triliun.

Karena itu, dia menilai anggaran Pemilu 2024 tidak perlu menjadi polemik terutama sampai mengarah pada isu penundaan pemilu.

Junimart pun menegaskan tidak ada alasan menunda pemilu karena masalah anggaran. “Siapa yang bilang terjadi polemik terkait anggaran Pemilu 2024? Anggaran Pemilu 2024 sudah disepakati di Komisi II DPR RI sebesar Rp 86 triliun,” kata Junimart di Jakarta, Rabu (16/3).

Dia mengatakan Komisi II DPR RI menunggu tindaklanjut pembahasan anggaran Pemilu 2024 di Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.
Menurut dia, dirinya sudah mengadakan pertemuan informal dengan Pimpinan Banggar DPR terkait anggaran Pemilu 2024. Namun, Junimart enggan menjelaskan hasil dari pertemuan tersebut. "Komisi II DPR telah menindaklanjuti dalam pertemuan informal, saya sudah komunikasikan kepada Pimpinan Banggar DPR," ujar advokat senior ini.

Selain itu, menurut Junimart, Komisi II DPR akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan KPU-Bawaslu RI untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan Anggaran Tahun 2021 pada 11 April 2022 mendatang.

Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan jadwal Pemilu 2024 telah ada kesepakatan bersama antara pemerintah, DPR RI, dan penyelenggara pemilu. “Pemerintah, DPR, dan KPU sudah menyepakati bahwa pemilu pada tanggal 14 Februari 2024,” kata Puan saat berkunjung ke Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta Pusat, Selasa (15/3).

Puan tidak menjelaskan secara gamblang soal wacana penundaan Pemilu 2024. Namun, penentuan jadwal sudah dilakukan oleh lembaga-lembaga terkait sehingga akan dilaksanakan sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. “Terkait dengan Pemilu 2024, posisi DPR sesuai dengan mekanisme yang sudah dilakukan," kata putri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri ini.*ant

Komentar