nusabali

Terkendala Lahan, Puluhan SD Belum Punya Gedung Perpustakaan

  • www.nusabali.com-terkendala-lahan-puluhan-sd-belum-punya-gedung-perpustakaan

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 90 Sekolah Dasar (SD) negeri di Buleleng tercatat belum memiliki gedung perpustakaan. Puluhan sekolah ini masih terkendala penyiapan lahan untuk membangun perpustakaan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Made Astika, Selasa (15/3) kemarin mengatakan, dari 460 SD baru 370 sekolah yang sudah memiliki gedung perpustakaan. Menurutnya, untuk membangun gedung perpustakaan minimal di sekolah yang bersangkutan harus tersedia lahan 7x8 meter.

“Yang belum punya masalahnya tidak punya lahan. Padahal program pembangunan gedung perpustakaan biasa dibantu pusat. Termasuk 370 sekolah ini bertahap setiap tahun,” jelas Astika.

Namun keterbatasan tersebut, menurut Astika, tidak berpengaruh signifikan pada proses pembelajaran. Sebab ketersediaan buku bacaan diakali dengan pembuatan pojok baca di masing-masing ruang kelas. Bahkan pojok baca disebut Astika, cukup efektif, karena berada lebih dekat pada siswa.

“Pojok baca ini ada di masing-masing ruang kelas. Jadi sekolah bisa menyiapkan dengan tempat penyimpanan berupa lemari. Bisa juga dipakai untuk penyimpanan alat peraga. Siswa langsung bisa baca tidak mesti harus ke perpustakaan,” imbuh pejabat asal Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Buleleng ini.

Sementara itu, pemenuhan bahan dan referensi bacaan siswa berupa buku, dapat ditambahkan sekolah. Pembelian buku bacaan juga disebut Astika dapat menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Namun kedepannya, Disdikpora mendorong sekolah untuk mulai mengarah ke e-library dan e-book secara bertahap.*k23

Komentar