nusabali

Puluhan Ogoh-ogoh di Buleleng Siap Dilombakan

  • www.nusabali.com-puluhan-ogoh-ogoh-di-buleleng-siap-dilombakan

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 33 ogoh-ogoh di Kabupaten Buleleng memperebutkan gelar terbaik di tingkat kecamatan hingga  kabupaten, 15-25 Maret 2022.

Dari 33 peserta akan dicari 3 terbaik masing-kecamatan dan dipilih 1 untuk mewakili lomba ke tingkat kabupaten. Selanjutnya, 3 terbaik akan dipilih dalam lomba tingkat kabupaten,” terang Kepala Bidang Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Buleleng, Ayu Sri Susantiani, Senin (14/3).

Untuk tiga ogoh-ogoh terbaik masing-masing kecamatan mendapat Rp 5 juta, sedangkan juara kabupaten mendapatkan apresiasi  Rp 50 juta, juara II Rp 35 juta dan juara III Rp 25 juta.  Hadiah bagi para pemenang berasal dari Pemerintah Provinsi Bali dalam upaya memberi ruang  kreativitas para yowana desa adat se-Bali, khususnya Buleleng, serta memeriahkan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1944.

Susantiani membeberkan, kriteria unsur penilaian lomba yaitu keunikan tema, teknik konstruksi, komposisi, karakter, ekspresi, proporsi, harmonisasi  warna dan kreativitas ogoh-ogoh tersebut.

Tim penilai sudah disiapkan masing-masing kecamatan terdiri dari unsur seniman, pemerintah kecamatan, MDA kecamatan untuk lomba tingkat kecamatan, dan pemerintah kabupaten serta MDA Kabupaten untuk tingkat kabupaten.

"Penilaiannya dilaksanakan di tempat, jadi tidak diarak atau digotong untuk menghindari keramaian karena kita masih dalam pandemi Covid-19," imbuhnya.

Diharapkan, dengan adanya lomba ogoh-ogoh dapat meningkatkan semangat dan kreativitas para  Yowana Desa Adat, agar budaya dan tradisi tetap lestari, serta menjadi daya tarik wisata budaya. *mz

Komentar