nusabali

Kocok Ulang AKD Gianyar Adem Ayem

PDIP Pertahanan Personil di AKD

  • www.nusabali.com-kocok-ulang-akd-gianyar-adem-ayem

Pertimbangan politik dan konsolidasi partai. Selama ini kinerja mereka juga sudah baik

GIANYAR,NusaBali

Kocok ulang alat kelengkapan dewan (AKD) menjelang 2,5 tahun masa tugas DPRD Kabupaten Gianyar periode 2019-2024 tidak ada greget. Sampai saat ini baru Fraksi Golkar saja yang mengajukan usulan kocok ulang AKD. Sementara Fraksi PDIP sebagai kekuatan politik terbesar di DPRD Gianyar pertahankan personil AKD.

Informasi yang dihimpun NusaBali di DPRD Gianyar, Senin (14/3) menyebutkan PDIP yang menguasai secara totalitas AKD memilih tidak melakukan rolling dalam 2,5 tahun ini. Sementara Fraksi Golkar sudah mengajukan surat ke sekretariat dewan. Sedangkan Fraksi Demokrat, Fraksi Gabungan Indonesia Raya (PKP-Gerindra) masih akan menggelar rapat terlebih dulu. Kondisi ini membuat wacana perombakan AKD di DPRD Gianyar adem ayem.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Gianyar I Ketut Sudarsana dikonfirmasi NusaBali, Senin kemarin mengatakan Fraksi PDIP tidak mengajukan perombakan. "Kami tidak mengajukan perombakan AKD, sehingga kami tidak mengajukan surat ke sekretariat dewan," ujar Sudarsana.

Alasan Fraksi PDIP tidak melakukan perombakan AKD pasca 2,5 tahun masa jabatan DPRD Gianyar, menurut Sudarsana karena kondisi internal fraksi sudah solid dan kondusif.

Selain itu, Sudarsana mengatakan alasan tetap mempertahankan komposisi personil di AKD karena kinerja mereka selama ini sudah maksimal. "Pertimbangan politik dan konsolidasi partai. Selama ini kinerja mereka juga sudah baik," jelas Sudarsana.

Sementara Ketua Fraksi Gabungan Indonesia Raya,  Ngakan Ketut Putra secara terpisah mengatakan belum menggelar rapat fraksi untuk membahas perubahan personil Fraksi Indonesia Raya  di AKD. "Ada atau tidak perubahan personil di AKD dari Fraksi Indonesia Raya tergantung rapat nanti. Kita belum rapat," ujar Ketua DPK Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Kabupaten Gianyar ini.

Ngakan Putra yang juga menjabat di AKD yakni sebagai Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) ini menegaskan, proses penyegaran AKD baru akan dilaksanakan pada 28 Maret mendatang. "Jadi masih jauh untuk kita bicara perubahan komposisi AKD, tergantung hasil rapat  fraksi dulu," ujar Ngakan Putra.

Sementara Sekretaris Dewan (Sekwan,red) DPRD Gianyar I Wayan Kujus Pawitra secara terpisah dikonfirmasi mengatakan perombakan AKD diagendakan pada 28 Maret mendatang, melalui sidang paripurna dewan.

Sebelum sidang paripurna, akan didahului dengan proses rapat pimpinan dan rapat fraksi-fraksi. Kujus Pawitra menjelaskan, kemungkinan kocok ulang komposisi AKD tidak akan banyak berubah. "Kemungkinan akan ada perombakan kecil. Saat ini baru Fraksi Golkar saja mengajukan surat untuk usulan perombakan AKD, fraksi lain belum," ujar birokrat asal Desa Lebih, Kecamatan/Kabupaten Gianyar ini.

Saat ini, komposisi pimpinan (ketua,red) di AKD DPRD Gianyar didominasi PDIP.  Kader PDIP yang memimpin AKD yakni Nyoman Amertayasa ( Ketua Komisi I), I Wayan Suartana (Ketua Komisi II),  Putu Gede Pebriantara (Ketua Komisi III), Ni Made Ratnadi (Ketua Komisi IV), I Ketut Sumadi (Ketua BK) dan I Made Budiasa sebagai Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).*nvi

Komentar