nusabali

Diperindag Bangli Terapkan E-Retribusi Pasar

  • www.nusabali.com-diperindag-bangli-terapkan-e-retribusi-pasar

Petugas sedang turun melakukan pendataan jumlah pedagang.

BANGLI, NusaBali

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli merancang penerapan e-retribusi untuk seluruh pasar di Kabupaten Bangli. Pasar Kidul rencananya menjadi pilot project penerapan e-retribusi. Kadisperindag Bangli, I Wayan Gunawan mengatakan, penerapan e-retribusi sebagai upaya antisipasi terjadinya kebocoran pendapatan dari retribusi pasar. Penerapan e-retribusi diyakini dapat meningkatan pendapatan.

Wayan Gunawan menegaskan, sebelum menerapkan e-retribusi, Disperindag Bangli melakukan pendataan jumlah pedagang, termasuk luas tempat yang dimanfaatkan. Saat ini petugas sedang turun melakukan pendataan jumlah pedagang. “Pilot project penerapan e-retribusi akan diterapkan di Pasar Kidul Bangli, menyusul Pasar Kayuambua Kecamatan Susut, Pasar Singamandawa Kecamatan Kintamani, dan Pasar Yangapi Kecamatan Tembuku,” ungkap Wayan Gunawan, Senin (14/3).

Disperindag Bangli masih menunggu proses revitaliasasi Pasar Kidul sebelum penerapan e-retribusi. “Segera pembongkaran bangunan sayap utara Pasar Kidul,” ungkap Wayan Gunawan. Pejabat asal Kecamatan Tembuku ini mengatakan, sudah ada pemenang tender pembongkaran bangunan sayap utara pasar. Rekanan masih mencari hari baik atau dewasa ayu untuk pembongkaran. Pasca pembongkaran dilanjutkan dengan penataan. Lantai dua pasar terbesar di Bangli ini akan dimanfaatkan untuk pedagang kain dan aksesoris. *esa

Komentar