nusabali

Bandara Layani 4.786 Penumpang Rute Internasional

Pencatatan Periode 1-13 Maret 2022

  • www.nusabali.com-bandara-layani-4786-penumpang-rute-internasional

Catatan harian pergerakan penumpang yang datang berada di angka 135 hingga sekitar 500 orang

MANGUPURA, NusaBali

Sejak sejumlah maskapai melayani rute penerbangan internasional dari dan menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, tercatat sudah sebanyak 4.786 orang yang dilayani. Pencatatan dilakukan sekitar dua pekan terakhir, yakni per 1-13 Maret 2022. Penumpang sebanyak itu diangkut menggunakan 70 pesawat.

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Taufan Yudhistira, mengatakan dalam pencatatan yang dilakukan sejak awal Maret 2022, terdapat 4.786 orang yang dilayani, masing-masing di rute kedatangan sebanyak 3.419 orang dan di rute keberangkatan 1.367 orang. “Kalau saat ini yang mendominasi yang kedatangan,” jelas Taufan, Senin (14/3).

Masih menurut dia, catatan harian pergerakan penumpang yang datang itu berada di angka 135 hingga sekitar 500 orang. Sebaliknya, untuk keberangkatan berada di angka 83 hingga sekitar 175 orang. Terkait catatan terbanyak terjadi pada 11 Maret lalu, yakni 535 orang yang tiba. Sementara yang berangkat terbanyak pada 12 Maret, yakni sebanyak 175 orang.

Penumpang sebanyak itu, kata Taufan, diangkut menggunakan 70 pesawat, masing-masing dengan rincian 37 yang datang dan 33 yang berangkat. Adapun rata-rata pergerakan harian berkisar di angka 50 hingga 70 pesawat. “Puluhan pesawat ini yang sudah melayani rute penerbangan internasional dari dan ke Bandara Ngurah Rai,” tegasnya.

Untuk diketahui, sejak dibukanya penerbangan langsung rute internasional ke Bandara Ngurah Rai, per 3 Februari 2022 lalu, Angkasa Pura I mencatat sudah ada enam maskapai yang melayani penerbangan ke bandara tersibuk kedua di Indonesia itu. Keenam maskapai itu melayani empat rute masing-masing Jepang, Singapura, Sydney dan terbaru adalah Malaysia.

Maskapai yang melayani rute penerbangan langsung dari luar negeri ke Bandara Ngurah Rai sejak 3 Februari lalu itu, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Jetstar Asia, Scoot Airlines, KLM Royal Dutch Airlines dan terakhir Malaysia Airlines. *dar

Komentar