nusabali

Bale Piasan Rusak Tertimpa Dahan Beringin

  • www.nusabali.com-bale-piasan-rusak-tertimpa-dahan-beringin

BANGLI, NusaBali
Candi bentar dan bale piasan di Pura Manik Bingin, Banjar Undisan Kelod, Desa Undisan, Kecamatan Tembuku, Bangli tertimpa dahan beringin, Minggu (13/3) sekitar pukul 13.20 Wita.

Akibat kejadian itu, candi bentar dan bale piasan rusak. Kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Beruntung saat kejadian tidak ada aktifitas di pura.

Kanit Reskrim Polsek Tembuku, Ipda I Made Sucahya mengungkapkan, dahan beringin tumbang pertama kali diketahui warga Banjar Bukit Sari, Desa Undisan, I Nyoman Sudarma, 52. Sekitar pukul 13.20 Wita, saksi mendengar ada suara retakan pada pohon beringin. Saksi ke luar rumah dan menuju sumber suara. “Saksi melihat dahan pohon beringin di Pura Manik Bingin patah dan menimpa candi bentar dan bale piasan,” ungkap Ipda Sucahya.

Candi bentar dan bale piasan rusak berat. Pangempon pura mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Bendesa Adat Undisan Kelod, I Made Sudiasa mengatakan, kejadian serupa sering terjadi karena dahan beringin lapuk. “Warga sudah mengevakuasi dahan yang tumbang,” ujar Made Sudiasa. Pemangkasan dahan beringin harus ada persetujuan pangempon pura. *esa

Komentar