nusabali

Bersihkan Saluran Irigasi, BWS Bantu Pinjamkan Ekskavator

  • www.nusabali.com-bersihkan-saluran-irigasi-bws-bantu-pinjamkan-ekskavator

AMLAPURA, NusaBali
Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida Kementerian PUPR bantu pinjamkan ekskavator kepada BPBD Karangasem untuk membersihkan material longsor di Banjar Dukuh, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Minggu (13/3).

Ekskavator digunakan mengangkat material longsor yang menimbun aliran sungai. Bencana longsor yang terjadi Jumat (11/3) menyebabkan dapur, bale bengong, dan senderan rumah I Nyoman Putra Yasa jebol. Kerugian material ditaksir mencapai Rp 80 juta.  

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengungkapkan penanganan utama menggunakan ekskavator untuk membersihkan irigasi yang tertimbun material longsor. Berpotensi terjadi longsor susulan jika kembali hujan lebat. Longsor terjadi dari ketinggian 5 meter dengan lebar 7 meter. Bangunan pemukiman milik korban di ketinggian dengan struktur tanah labil.

Pasca longsor, Nyoman Putra Yasa membangun dapur darurat di emperan bangunan agar bisa memasak. Menurut IB Arimbawa, semestinya sebelum membangun memperhitungkan sempadan selokan. Kenyataannya bangunan dapur dan bale bengong milik korban di tepi selokan dan di ketinggian. Plt Perbekel Desa Sangkan Gunung I Made Berati mengapresiasi penanganan longsor dari BPBD Karangasem menggunakan alat berat sehingga saluran irigasi kembali normal. Made Berati mengimbau korban tetap waspada jika hujan lebat karena berpotensi terjadi longsor susulan saat hujan lebat. *k16

Komentar