nusabali

Sulinggih Dapat Vaksin Booster di Puskesmas

  • www.nusabali.com-sulinggih-dapat-vaksin-booster-di-puskesmas

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 325 sulinggih se-Kabupaten Karangasem mendapatkan vaksinasi booster di Puskesmas terdekat. Para sulinggih mendapatkan vaksinasi berbaur dengan masyarakat umum.

Koordinator Bidang Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Karangasem yang juga Kadis Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengatakan para suliggih mendapatkan skrining khusus karena masuk kelompok lanjut usia di atas 60 tahun.

Gusti Putra Pertama mengatakan, tidak ada agenda secara khusus melayani sulinggih seperti yang sebelumnya terpusat di GOR Gunung Agung, Jalan Untung Surapati, Amlapura. “Sulinggih bisa mendatangi Puskesmas terdekat atau RSUD Karangasem. Petugas kesehatan siap berikan pelayanan,” ungkap Gusti Putra Pertama, Minggu (13/3). Tak ada para sulinggih mengalami KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi). Tidak ada target waktu untuk vaksinasi booster. Petugas kesehatan siap berikan pelayanan jika ada masyarakat ingin vaksin booster di Puskesmas. Target di Kabupaten Karangasem baru tercapai 30 persen.

Terpisah, Kepala Puskesmas Selat dr I Gusti Lanang Udiyana mengatakan, seluruh sulinggih bersama pamangku di Kecamatan Selat telah mendapatkan vaksinasi booster. Di Kecamatan Selat ada 45 sulinggih dan seratusan pamangku. Beda dengan masyarakat umum, pelayanan vaksinasi booster di masing-masing kantor desa secara serentak. Target vaksinasi booster untuk sulinggih dan pamangku 75 persen, capaiannya telah melebihi target. Kepala Puskesmas Abang I dr I Komang Wira mengatakan, layanan untuk sulinggih dan pamangku disatukan dengan masyarakat umum. Tidak ada pelayanan secara khusus untuk sulinggih dan pamangku. *k16

Komentar