nusabali

Liga Surfing Indonesia 2021 Berakhir, PSOI: Pengembangan Peselancar Mulai Merata

  • www.nusabali.com-liga-surfing-indonesia-2021-berakhir-psoi-pengembangan-peselancar-mulai-merata

MANGUPURA, NusaBali.com - Putaran final Liga Surfing Indonesia (LSI) 2021 berakhir pada Minggu (13/3/2022) sore di Pantai Kuta, Bali. Juara didominasi oleh peselancar tuan rumah Kuta, namun peselancar muda dari luar Bali mampu mencuri perhatian.

Ajang yang digelar atas kolaborasi PSOI (Persatuan Selancar Ombak Indonesia) dan ASC (Asian Surf Cooperative) mempertandingkan 5 kategori individu yakni Under 10, Boys Junior, Womens Open, Mens Open, Master, dan 1 kategori klub, Club Challenges. 

Pada kategori Under-10, I Gede Hnang Ridwan Darma Wisesa (Legian Boardriders) membuktikan dirinya sebagai yang terbaik. Ia mengungguli M Al Faruk (Lakey Peak Dompu) dan Shia Jabrik (Legian Boardriders).

Prestasi peselancar muda dari luar Bali mencapai puncak pada kategori Boys Junior. Gilang Edwar dari klub Batukaras Surf Club (Jawa Barat), membuktikan jika peselancar dari luar Bali mampu menggoyang dominasi peselancar dari Bali.

Gilang Edwar meraih poin tertinggi melebihi peselancar Made Nesa (Sanur Boardriders) di urutan kedua, dan peringakat ketiga yang juga ditempati peselancar luar Bali, Westen Hirst (Lakey Peak Dompu).

Sementara itu pada kategori Womens Open jadi milik peselancar Halfway Kuta Boardriders, Dhea Natasya, yang membuktikan diri sebagai yang terbaik.

Prestasi tersebut diikuti peselancar putra Halfway Kuta Boardriders, Dhany Widianto, yang berhasil keluar sebagai pemenang pada kategori Mens Open.  

Peselancar tuan rumah kembali berjaya pada kategori Master. Peselancar Dedi Santoso bersaing ketat dengan peselancar Sukabumi Boardriders, Dede Suryana, sebelum keluar sebagai pemenang.

Sementara itu, pada kategori Club Challenge, pertandingkan antarklub, akhirnya juga dimenangkan tuan rumah Halfway Kuta Boardriders dengan menyingkirkan Legian Boardriders dan Sanur Boardriders.

Ketua PB PSOI, Arya Subiakto, yang menyaksikan final LSI 2022 sejak hari pertama Jumat lalu, bersyukur Liga Surfing Indonesia 2021 akhirnya mencapai babak final dan menghasilkan peselancar-peselancar terbaik tanah air.

Meski didominasi peselancar Kuta, menurutnya prestasi peselancar di luar Kuta dan luar Bali juga semakin berkembang. Terbukti pada kategori boys junior dimenangkan peselancar dari klub luar Bali (Batukaras, Jawa Barat).

"Saya senang agak merata hasilnya, tadinya saya pikir Bali akan mendominasi tapi ternyata merata hasilnya, berarti pengembangan di setiap daerah sudah mulai merata, berarti sistem coaching sudah mulai baik," sebut Arya kepada NusaBali.com di Pantai Kuta. 

Ia mengatakan, peselancar Kuta pastinya mendapat keuntungan dengan menjadi tuan rumah, tapi peselancar luar Kuta dan luar Bali ternyata juga bisa menunjukkan kehebatannya. 

Ombak pada partai final, ujar Arya, tidak begitu mendukung karena tidak begitu besar. Namun, menurut Arya, justru ombak kecil menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh para peselancar profesional dalam kompetisi-kompetisi tingkat dunia. 

Lebih lanjut, Arya berharap para peselancar berbakat jebolan LSI nantinya bisa mendapatkan sponsor agar bisa terus bertanding mengasah kemampuan mereka dan mengikuti kejuaraan yang lebih tinggi lagi seperti World Surfing League (WSL). 

"Kita harus sering bikin pertandingan seperti ini, supaya naluri mereka tidak hilang. Pemerintah daerah bisa buat Piala Gubernur atau apa, nanti baru kita bicara PON dan selanjutnya," tambah Arya yang juga mantan peselancar profesional. 

Berikut daftar lengkap juara LSI 2021: 

Under-10
1. I Gede Hnang Ridwan Darma Wisesa (Legian Boardriders)
2. M. Al Faruk (Lakey Peak Dompu Boardriders)
3. Shia Jabrik (Legian Boardriders)
4. Dika Anwar (Madewi Boardriders)

Womens Open
1. Dhea Natasya (Halfway Kuta Boardriders)
2. Ziggy Aloha Mackenzie (Bingin Boardriders)
3. Taina Izquerdo (Halfway Kuta Boardriders)
4. Lidia Kato (Halfway Kuta Boardriders)

Boys Junior
1. Gilang Edwar (Batukaras Surf Club)
2. Made Nesa (Sanur Boardriders)
3. Westen Hirst (Lakey Peak Dompu Boardriders)
4. Gana Sunestra (Halfway Kuta Boardriders)

Master
1. Dedi Santoso (Halfway Kuta Boardriders)
2. Dede Suryana (Sukabumi Surfing)
3. I Nyoman Suartana (Sanur Boardriders)
4. Gogo Sujaya (Halfway Kuta Boardriders)

Mens Open
1. Dhany Widianto (Halfway Kuta Boardriders)
2. Mega Artana (Halfway Kuta Boardriders)
3. I Made Darma Yasa (Legian Boardriders)
4. Febriansyah (Legian Boardriders)

Club Challenges
1. Halfway Kuta Boardriders
2. Legian Boardriders
3. Sanur  Boardriders
4. Bingin Boardriders

Komentar