nusabali

STB TV Digital Mulai Dibagikan Gratis di Bali, Didistribusikan Pos Indonesia

Nusantara TV Sumbang 2.204 STB

  • www.nusabali.com-stb-tv-digital-mulai-dibagikan-gratis-di-bali-didistribusikan-pos-indonesia

DENPASAR, NusaBali.com - Jelang ASO (Analog Switch Off) tahap I alias ‘suntik mati’ siaran TV analog pada 30 April mendatang, sebanyak 2.204 set top box (STB) untuk menikmati siaran TV digital mulai dibagikan di Bali.

STB ini adalah bantuan dari PT Nusantara Media Mandiri atau Nusantara TV yang menjadi salah satu pemenang MUX di Bali, sedangkan mekanisme pendistribusian kepada masyarakat bekerjasama dengan PT Pos Indonesia.  Satu mobil boks dan dua sepeda motor dari PT Pos Indonesia yang membawa 2.204 STB pun dilepas oleh Gubernur Bali Wayan Koster di Jaya Sabha Denpasar pada Jumat (11/3/2022) sore.

Distribusi yang dilakukan PT Pos Indonesia akan menjangkau Denpasar, Tabanan dan Jembrana. “Kami siap mendukung program ini, dan pendistribusian ini akan dilakukan hingga 30 April 2022,” kata Kepala Cabang Utama Denpasar PT  Pos Indonesia, Purgiyanto. 

Namun tak semua orang akan bisa mendapatkan STB yang di pasaran dibanderol di kisaran mulai Rp 200.000an tersebut.  “Sasaran penerima bantuan set top box ini adalah keluarga kurang mampu yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Penyerahannya akan dilakukan secara door to door.  Semoga 100 persen sasaran atau masyarakat dapat menerima lalu bisa memanfaatkan dan menggunakan alat ini untuk TV digital," sambung Purgiyanto. 

Sementara itu Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali, I Gede Agus Astapa, mengkonfirmasi bahwa alokasi STB gratis untuk Bali adalah 76.000 rumah tangga miskin (RTM) yang didasarkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. “Jadi 76.000 RTM itu semuanya berhak mendapatkannya ,” terang Agus Astapa.

Dijelaskan oleh Agus Astapa bahwa setelah ASO tahap I pada 30 April mendatang, akan dipungkasi dengan ASO tahap II pada 2 November 2022, sehingga tak ada lagi siaran TV analog, karena semua berganti digital. “Pembagian STB ini juga agar masyarakat tidak kaget nanti tiba-tiba TV-nya tidak ada siaran lagi, karena untuk menikmati siaran digital diperlukan STB,” lanjut Ketua KPID Bali yang juga Youtuber ini.

Agus Astapa menambahkan bahwa pemenang MUX di Bali, selain Nusantara TV adalah ANTV, MetroTV dan TVRI. Sebagai pemenang penyelenggara penyiaran  multifleksing  (MUX) di Bali, maka punya kewajiban memberikan gratis STB bagi 76.000 RTM di Bali.

Sementara itu Gubernur Wayan Koster yang secara simbolis menerima STB dari perwakilan Nusantara TV, Tulus Tampubolon, mengaku senang jika masyarakat Bali mendapat bantuan STB secara gratis. “Fasiltas (STB) yang diserahkan pada hari ini akan membantu masyarakat miskin. Karena itu saya ucapkan terimakasih,” kata Koster.

Gubernur asal Desa Sembiran, Tejakula, Buleleng itu pun mengaku tak menyangka cepatnya peralihan TV analog ke digital yang melaksanakan mandate dari UU Cipta Kerja tersebut. “Kebetulan saya juga sedang siapkan bangun tower di Desa Pegayaman untuk pemancar TV digital,” kata mantan anggota DPR RI sebanyak tiga periode ini. 

Ia pun mengingatkan agar para operator atau stasiun TV digital bekerjasama dengan pihak Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali (Diskominfos). “Tentunya saya sangat berharap agar begitu tower selesai dibangun, para operator  bisa bekerjasama dengan Diskominfos,” pesannya. 

Komentar