nusabali

ST Eka Cita Juara Lomba Ogoh-ogoh Kabupaten Jembrana

  • www.nusabali.com-st-eka-cita-juara-lomba-ogoh-ogoh-kabupaten-jembrana

NEGARA, NusaBali
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jembana telah mengumumkan lima pemenang lomba ogoh-ogoh tingkat kabupaten yang digelar Pemkab Jembrana dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1944.

Juara I dalam lomba ogoh-ogoh tahun ini, adalah ogoh-ogoh karya Sekaa Teruna (ST) Eka Cita dari Banjar Adat Menega, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana.

Ogoh-ogoh karya ST Eka Cita dengan nama Ogoh-ogoh Bawera Gumi Arohara, terpilih menjadi Juara I dengan nilai 1.650. Kemudian Juara II dengan nilai 1.455, diraih ST Yowana Satya Dharma Laksana dari Banjar Adat Pasupati, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, dengan karya Ogoh-ogoh Gering Agung. Kemudian Juara III dengan nilai 1.435, diraih ST Taruna Karya dari Banjar Adat Lemodang, Desa Perancak, Kecamatan Jembana, dengan karya Ogoh-Ogoh Detya Karang Wayah.

Untuk Juara IV atau Harapan I dengan nilai 1.390, diraih ST Satya Dharma Bakti dari Lingkungan Kesari, Kelurahan Banjar Tengah, Kecmatan Negara, dengan karya ogoh-ogoh Kanda Sanga Sang Blangbungkem. Sementara untuk Juara V atau Harapan II dengan nilai 1.320, diraih ST Yowana Kesatria Nadi dari Banjar Adat Benel, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, dengan karya Ogoh-Ogoh Kala Tong-tongan.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada Dinas Parbud Jembrana Ida Bagus Kade Biksa, mengatakan pengumuman hasil lomba ogoh-ogoh itu, resmi diumumkan Rabu (9/3). Kelima pemenang ditetapkan dari 12 peserta lomba tingkat kabupaten yang telah dinilai pada Selasa (1/3) lalu.

"Sebenarnya setelah melakukan penilaian tanggal 1 Maret, tim penilai sudah langsung rapatkan hasil penilaian. Tetapi untuk pengumuman, kita menunggu petunjuk pimpinan, dan kita umumkan kepada para peserta tanggal 9 Maret kemarin," ucap Gus Biksa, Kamis (10/3).

Terkait penyerahan hadiah kepada pemenangan lomba, kata Gus Biksa, masih dijadwalkan. Rencananya, untuk penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba ogoh-ogoh yang diadakan Pemkab Jembana ini, akan diserahkan saat pelaksanaan Dharma Shanti Nyepi yang pelaksanaanya juga masih dijadwalkan Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) pada Setda Jembrana.

"Rencana pas Dharma Shanti Nyepi, biar sekalian para yowana yang kemarin ikut lomba tingkat kecamatan maupun kabupaten, juga mengikuti acara Dharma Shanti Nyepi. Tetapi untuk kepastian kapan penyerahannya, kita masih menunggu petunjuk. Kita rencanakan agar Pak Bupati yang menyerahkan hadiahnya," ujar Gus Biksa.

Seperti diketahui, lomba ogoh-ogoh yang digelar Pemkab Jembrana ini, ditujukan untuk mengapresiasi kreativitas anak muda. Sebelumnya ada 15 peserta dari 4 kecamatan se-Jembrana yang memutuskan berpartisipasi untuk lomba ogoh-ogoh tingkat kecamatan. Hanya Kecamatan Pekutatan yang memutuskan tidak ikut karena adanya kesepakatan dari 13 desa adat se-Kecamatan Pekutatan yang memutuskan tidak membuat ogoh-ogoh dalam Nyepi tahun ini.

Masing-masing peserta yang sebelumnya berpartisipasi mengikuti lomba ogoh-ogoh tingkat kecamatan, diberikan hadiah uang Rp 3 juta per peserta. Kemudian untuk tiga peserta yang masuk sebagai pemenang lomba ogoh-ogoh di tiap kecamatan, kembali mendapat hadiah uang Rp 5 juta per peserta.

Kemudian tiga peserta terbaik di tiap kecamatan dengan jumlah 12 peserta itu, kembali  diadu mengikuti lomba tingkat kabupaten. Dalam lomba tingkat kabupaten, dicari lima pemenang untuk memperebutkan total hadiah Rp 32 juta. Rinciannya, hadiah Juara I sebesar Rp 10 juta, Juara II Rp 8 juta, Juara III Rp 6 juta serta Juara IV dan V berhak mendapat hadiah masing-masing Rp 4 juta. *ode

Komentar