nusabali

Polda Bali Percepat Vaksinasi Booster, Respons PPLN tanpa Karantina

  • www.nusabali.com-polda-bali-percepat-vaksinasi-booster-respons-ppln-tanpa-karantina

DENPASAR, NusaBali.com - Pasca aturan tanpa karantina PPLN menuju Bali mulai diterapkan Senin (7/3/2022) lalu, Bali ditarget pemerintah pusat untuk menggenjot capaian vaksinasi booster. Dalam minggu ini, Bali ditarget memenuhi capaian vaksinasi booster 30 persen.

Polda Bali mendukung pencapaian target tersebut dengan menggelar vaksinasi booster Covid-19 bekerjasama dengan ormas Taruna Merah Putih Kota Denpasar di Plaza Renon, Denpasar, Kamis (9/3/2022).

Kegiatan tersebut sekaligus bagian dari program Vaksinasi Serentak Indonesia yang digagas Polri bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, Satgas Covid-19, dan TNI. 

Sebanyak 1.000 dosis vaksin jenis Pfizer disiapkan untuk masyarakat Kota Denpasar dan sekitarnya yang sudah memenuhi syarat mengikuti vaksin lanjutan (booster). 

"Setelah ada kebijakan mengenai pembukaan Bali tanpa karantina, Bali ditargetkan untuk percepatan vaksin ketiga (booster),"  ungkap Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra, ketika meninjau kegiatan vaksinasi. . 

"Targetnya adalah adalah dalam satu minggu ini harus mencapai 30 persen."

Dikatakan Kapolda, capaian vaksinasi booster Bali saat ini telah mencapai 25 persen, ia optimis target yang ditetapkan pemerintah dapat dicapai dalam minggu ini. 

"Kita harapkan dalam beberapa hari ke depan, mungkin paling telat minggu depan, syukur dalam dua-tiga hari ini selesai, apa yang ditargetkan pemerintah pusat bisa kita raih," jelas Kapolda. 

Lebih lanjut Kapolda mengungkapkan, capaian vaksinasi dosis 1 dan 2 di Bali capaiannya sudah sangat baik, bahkan pemerintah pusat tidak lagi menetapkan capaian vaksinasi 70 persen melainkan 90 persen untuk memperkuat herd immunity di Bali. 

Kapolda mengajak masyarakat yang sudah memenuhi syarat mendapatkan vaksin dosis ketiga, tidak ragu mendatangi gerai-gerai vaksinasi yang disediakan oleh pemerintah daerah maupun TNI/Polri.

Masyarakat Bali pun diharapkan tidak kendor protokol kesehatan. Jumlah kasus harian yang sudah melandai diharapkan tidak kembali naik. Untuk itu kepolisian akan terus mengawasi penerapan prokes di tengah masyarakat. 

"Jangan sampai kasus yang sekarang sudah menurun kembali naik," pesan Kapolda. 

Ketua DPC Taruna Merah Putih Kota Denpasar, I Putu Angga A Primadana, mengatakan antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi booster cukup tinggi. Sebelum digelar bahkan ada sekitar 400 orang sudah melakukan pendaftaran. 

Kegiatan vaksinasi ini merupakan untuk pertama kalinya dilakukan oleh Taruna Merah Putih Kota Denpasar. Namun pihaknya berencana melakukannya lagi secara reguler.

"Memang kita mendorong vaksin booster ini bisa lebih mudah didapatkan oleh masyarakat," ujar Angga. 

Komentar