nusabali

Hanura Karangasem Siap Hadapi Verifikasi Parpol Bidik Satu Fraksi di Pileg 2024

  • www.nusabali.com-hanura-karangasem-siap-hadapi-verifikasi-parpol-bidik-satu-fraksi-di-pileg-2024

AMLAPURA,NusaBali
Partai Hanura Karangasem menegaskan kesiapannya menghadapi verifikasi parpol (partai politik) peserta pemilu.

Tak main-main, Hanura membidik 1 fraksi di DPRD Karangasem pada pemilu 2024. Sementara DPD Partai Perindo Karangasem sudah menyiapkan seluruh persyaratan verifikasi parpol yang akan dimulai oleh KPU pada Agustus 2022 mendatang.

Ketua DPC Hanura Karangasem I Wayan Budi dihubungi NusaBali, Selasa (8/3) mengatakan menggenjot kelengkapan kepengurusan PAC (Pengurus Anak Cabang) di 8 kecamatan di Kabupaten Karangasem. "Pada akhirnya kepengurusan PAC di 8 kecamatan terbentuk dan siap mendaftar untuk verifikasi faktual parpol,"  ujar politisi asal Kelurahan Subagan, Kecamatan/Kabupaten Karangasem ini.

Budi mengatakan Hanura sangat optimis dengan proses verifikasi dan target membentuk 1 fraksi di DPRD Karangasem. Pada Pileg 2019 lalu, Hanura Karangasem merebut 3 kursi dari 45 kursi  yang tersedia di DPRD Karangasem, sehingga 3 kader Hanura lolos  di legislatif. Mereka adalah I Wayan Budi sendiri (dapil  Karangasem I), dengan perolehan  2.913 suara, Ni Putu Sriani (dapil Karangasem IV), dengan perolehan 2.701 suara, dan I Komang Dwi Purwa Adi Susila (dapil Karangasem VI) dengan perolehan 1.665 suara.

Menurut Budi, bermodal dari perolehan suara para caleg di Pileg 2019, yang kini duduk di DPRD Karangasem Partai Hanura tidak hanya siap mengikuti pemilu, namun juga optimis menaikkan perolehan kursi dari 3 kursi menjadi 5 kursi. "Tidak hanya siap ikut pemilu 2024, tapi optimis membentuk 1 Fraksi Hanura di Karangasem," ujar politisi yang juga pensiunan jaksa ini.

Sementara Ketua DPD Partai Perindo Karangasem I Nyoman Mangku secara terpisah mengatakan sedang memproses persyaratan verifikasi parpol. Salah satunya pembentukan pengurus DPC di 8 kecamatan. "SK kepengurusan sedang diproses, saat ini tinggal melengkapi sekretariat," ujar Anggota DPRD Karangasem ini.

Ditambahkan Mangku, DPD Perindo Karangasem juga tengah menggenjot persyaratan administrasi lainnya. "Untuk persyaratan administrasi ini masih dikoordinasikan ke DPW, kan ada daftar persyaratannya itu," ujar Mangku seraya mengaku optimis lolos verifikasi parpol peserta pemilu 2024.

Mangku membeber Perindo pada Pileg 2019 lalu meloloskan 2 orang kadernya ke DPRD Karangasem. Mereka adalah I Putu Eka Juliawan (Dapil Karangasem IV) dengan perolehan 1.729 suara, dan I Nyoman Mangku sendiri (Dapil Karangasem V) dengan perolehan 1.658 suara.  "Secara psikologis dan secara struktural kita siap ikuti pemilu," tegas Mangku. *K16

Komentar