nusabali

Ajus Linggih Dukung Jerry Sambuaga

Mundur dari Pencalonan Ketua Umum DPP AMPI

  • www.nusabali.com-ajus-linggih-dukung-jerry-sambuaga

Ajus Linggih menyebut sosok Jerry Sambuaga adalah kuda hitam dalam bursa calon Ketua Umum AMPI periode 2022–2027.

JAKARTA, NusaBali
Kandidat calon Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), Agung Bagus Pratiksa Linggih alias Ajus Linggih resmi mengundurkan diri dari pencalonan. Ajus yang notabene anak dari Koordinator Pemenangan Pemilu Wilayah Bali-NTB-NTT DPP Golkar Gede Sumarjaya Linggih alias Demer, memilih mendukung Jerry Sambuaga, dengan alasan menghindari perpecahan di tubuh AMPI.

“Alasan mundur dari pencalonan Ketua Umum DPP AMPI adalah mempertimbangkan kesatuan dan kebersamaan keluarga besar AMPI. Prioritas utama saya untuk memenangkan Partai Golkar dan Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Umum Tahun 2024,” kata Ajus melalui keterangan tertulis seperti dilansir beritasatu.com, Jumat (4/3/2022).

Ajus mengisyaratkan akan mengalihkan dukungannya kepada Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga yang maju sebagai Calon Ketua Umum DPP AMPI berikutnya. Ajus menyebut pengundurannya tidak menyurutkan semangat untuk hadir di Musyawarah Nasional ke-9 DPP AMPI di Bandung, Jawa Barat.

Menurut Ajus, rekam jejak dan pengalaman Jerry diyakini bisa membawa AMPI ke arah yang lebih baik. Ajus yakin 100 persen, Jerry Sambuga adalah nakhoda kepemimpinan yang tepat untuk periode AMPI selanjutnya.

“Rekam jejak dan pengalaman kepemimpinan yang lengkap dan mumpuni. Saya yakin 100 persen terhadap Jerry Sambuaga bisa menakhodai AMPI selanjutnya,” tegas Ajus.

Ajus dihubungi NusaBali, Sabtu (5/3) malam, mengatakan sosok Jerry Sambuaga adalah pilihan yang boleh dikatakan kuda hitam dalam bursa calon Ketua Umum AMPI. 

“Daripada AMPI pecah dengan persaingan banyak calon, kan lebih baik muncul calon yang posisinya sebagai solusi, sebagai penawar perpecahan. Ya ada pada sosok Jerry Sambuaga, boleh dikatakan sebagai kuda hitam lah,” ujar Korwil Bali-NTB-NTT DPP Musyawarah Kekeluargaan Gotong-Royong (MKGR) ini.

Ajus mengakui sempat mau maju sebagai calon Ketum AMPI. Namun niat itu dibatalkan, karena mendukung Jerry Sambuaga yang dipastikan sudah akan terpilih aklamasi. Kata dia, pemilihan Ketua Umum AMPI bukan agenda atau tujuan utama. “Yang terpenting itu menjaga soliditas untuk amankan kekuatan organisasi guna mendukung Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto untuk menang di Pilpres 2024,” ucap alumni SMA Nusantara Jogjakarta, ini.

Ajus membeber saat ini dukungan untuk Jerry Sambuaga sudah sangat solid. Jerry Sambuaga didukung 34 DPD AMPI se-Indonesia. Bahkan suara dari Ketua Umum AMPI dan Dewan Pembina AMPI juga mengarah ke Jerry Sambuaga. “Sudah pasti aklamasi. Saya dari Bali juga arahkan dukungan ke Jerry Sambuaga. Selesai sudah,” tandas Ajus.

Ajus mengatakan hubungan dengan calon-calon yang lain juga tidak ada masalah. Seperti Ario Bimo Nandito Ariotedjo (Dito), Evandra Subagyo,  dan Adam Irham. “Banyak calon muncul, ketimbang pecah ya kita final ke Jerry Sambuaga. Jerry Sambuaga adalah Waketum AMPI yang memiliki kemampuan. Sosok tokoh nasional, anak muda yang saat ini sebagai Wakil Menteri Perdagangan. Saya yakin dalam kepemimpinan Jerry Sambuaga, AMPI akan makin solid,” ucapnya. 

“Pengunduran diri ini juga tidak mengurungkan niat saya untuk hadir pada Munas ke-9 AMPI di Kota Bandung sebagai peserta. Saya siap menyukseskan Munas serta mendukung Ketua Umum DPP AMPI terpilih nantinya dengan kembali melanjutkan amanah yang saya emban, memimpin DPD II AMPI Provinsi Bali,” tutur Ajus. 

Sementara itu, Ketua Steering Committee (SC) Musyawarah Nasional (Munas) ke-9 Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) M Balyah, mengatakan terdapat tiga nama yang masuk dalam bursa calon ketua umum dewan pimpinan pusat (DPP) organisasi sayap Partai Golkar itu.

Pendaftaran bakal calon ketua umum DPP AMPI untuk periode 2022–2027 itu dibuka Senin (28/2) dan ditutup pada Kamis (3/3).

“Pendaftaran dan pengembalian formulir, yang dilalui mekanismenya bersama kelompok kerja (pokja) itu, menghasilkan tiga nama bakal calon ketua umum,” kata Balyah seperti dikutip Antara.

Tiga nama yang menyerahkan berkas tersebut adalah Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo, Evandra Subagyo, dan Adam Irham Chatib.

Balyah menjelaskan ketiga nama tersebut telah melalui proses pendaftaran dan pengembalian berkas yang telah dinyatakan di dalam berita acara, Kamis (3/3).

“Nama-nama inilah yang nantinya akan berproses dalam Munas IX AMPI di Bandung, Jawa Barat,” tambahnya. 7 nat

Komentar