nusabali

Pangempon Pura Pasar Agung Gelar Nangluk Merana

  • www.nusabali.com-pangempon-pura-pasar-agung-gelar-nangluk-merana

AMLAPURA, NusaBali
Pangempon Pura Pasar Agung menggelar upacara nangluk merana di Pura Pasar Agung, Banjar Adat Sogra, Desa Adat Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem, Buda Paing Wayang bertepatan dengan Tilem Kasanga, Rabu (2/3).

Upacara nangluk merana yang didanai Pemkab Badung ini dipuput Ida Pedanda Gede Made Putra Lusuh dari Geria Celit, Banjar Lusuh Kauh, Desa Peringsari, Kecamatan Selat. Upacara ini untuk menetralisir Covid-19 secara niskala.

Pamangku Pura Pasar Agung, Jro Mangku Umbara, mengatakan upacara nangluk merana diawali dengan pembersihan di mandala pura. Pembersihan dilakukan oleh para pamangku. Selanjutnya upacara pacaruan dan nangluk merana. Upacara ini dihadiri Kadis Kebudayaan Badung I Made Agus Aryawan, Bendesa Alitan MDA Kecamatan Selat I Komang Sujana, Ketua PHDI Kecamatan Selat Jro Mangku Sudana, panglingsir pangempon Pura Pasar Agung Jro Mangku Sukra, dan sejumlah undangan lainnya.

Humas Pangempon Pura Pasar Agung, I Wayan Suara Arsana mengatakan, upacara nangluk merana sebagai usaha secara niskala untuk mengakhiri dampak pandemi Covid-19. Nangluk merana berarti menangkal musibah dengan memohon berkah keselamatan untuk semua umat. Perbekel Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat ini menambahkan, upacara serupa telah pula digelar di Pura Penataran Agung Besakih saat Covid-19 mulai mewabah. *k16

Komentar