nusabali

Bacalah Tafsir Al-Qur’an dan Temukan Makna Kebaikan di Dalamnya

  • www.nusabali.com-bacalah-tafsir-al-quran-dan-temukan-makna-kebaikan-di-dalamnya

DENPASAR, NusaBali.com - Membaca Al-Qur’an sudah menjadi hal yang seharusnya rutin dilakukan oleh umat muslim. Ini karena Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang didalamnya berisikan banyak ilmu dan ajaran agama yang mengajarkan kepada kebaikan.

Tidak hanya itu, membaca Al-Qur’an adalah salah satu ibadah yang utama dengan pahala besar. Sebagaimana dilansir NU online bahwa membaca Al-Qur’an adalah salah satu ibadah yang paling utama diantara ibadah-ibadah yang lain.

Hal ini juga diriwayatkan oleh an-Nu‘man ibn Basyir bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Alquran.” (HR Baihaqi).

Al-Qur’an diturunkan ke bumi pada 17 Ramadhan sebagai wahyu untuk Nabi Muhammad saw melalui perantara malaikat Jibril. Al-Qur’an adalah petunjuk bagi umat muslim agar senantiasa berada di jalan kebaikan dan kebenaran hingga selamat dunia dan akhirat. Karenanya , semua aspek kehidupan manusia telah diatur oleh Allah swt dalam Al-Qur’an. 

Membaca Al-Qur’an juga memiliki banyak keutamaan lain diantaranya mendapatkan pahala yang berlimpah, menentramkan dan menenangkan hati, mendapatkan syafaat di akhirat, serta menjadi keluarga dan orang-orang yang diridhai Allah swt.

Namun sayang, masih banyak muslim yang hanya mampu membaca tanpa mengerti makna dan pesan yang ada di dalam Al-Qur’an. Untuk itu, perlu memahami tafsir Al-Qur’an terlebih dahulu agar kita mengerti bacaan Al-Qur’an sepenuhnya.

Kini mempelajari tafsir sudah lebih mudah karena bisa dilakukan secara digital melalui situs maupun aplikasi yang membahas tentang tafsir Al-Qur’an seperti di situs TafsirWeb.com.

Situs tersebut menyediakan beberapa tafsir antara lain dari Kementerian Agama RI, Kementerian Agama Saudi Arabia, tafsir al-Mukhtashar, yang disupervisi Imam Masjidil Haram Dr. Shalih Humaid, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah, dan lain sebagainya.

Beberapa tafsir Al-Qur’an yang direkomendasikan antara lain:

1. Surat Al-Hujurat Ayat 11. Menjaga akhlak salah satunya dengan menjaga lisan adalah perintah Allah swt. Pelajarilah tafsir dari surat dan ayat Al-Qur’an ini agar senantiasa menjadi manusia yang berakhlakul karimah yang baik.

2. Surat An-Najm Ayat 93-42. Setiap ayat Al-Qur’an mengajarkan dan menuntun kepada kebaikan dan kebenaran.  Pelajarilah bacaan, terjemahan, serta tafsir surat ini agar senantiasa menjadi hamba yang taat.

3. Surat Al-Waqiah Ayat 35-38. Surat ini juga populer di kalangan masyarakat Indonesia dan rutin dibaca setiap minggu bahkan setiap hari. Memiliki banyak fadhilah sebagaimana disebut dalam sebuah hadist, sebaiknya pelajari juga tafsirnya agar lebih paham dan mengerti maksud dan pesan yang disampaikan. 

4. Surat Az-Zariyat Ayat 56. Pelajarilah tafsir dari salah satu surat dalam Al-Qur’an ini agar saat membaca Al-Qur’an lebih meresap pesan yang dibaca. Membaca dan mempelajari tafsir Al-Qur’an akan diganjar pahala berlimpah serta menjadikan kita hamba Allah swt yang bertakwa. 

5. Surat Luqman Ayat 13. Surat ini memiliki terjemahan arti “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar". Surat yang penuh dengan pesan pendidikan ini penting untuk dipelajari tafsirnya agar pendidikan yang kita berikan kepada anak-anak berlandaskan pada aturan Allah swt yang tertuang dalam Al-Qur’an dan hadist.

Luangkan waktu sejenak untuk mempelajari tafsir ayat-ayat Al-Qur’an tersebut. Semoga bisa memberi keberkahan dan membawa kebaikan dunia akhirat. Sesungguhnya ayat-ayat allah swt adalah sebenar-benar petunjuk bagi umat manusia.

Komentar