nusabali

Bike to Care di Bali Galang Donasi untuk Anak-Anak Terdampak Pandemi

  • www.nusabali.com-bike-to-care-di-bali-galang-donasi-untuk-anak-anak-terdampak-pandemi

MANGUPURA, NusaBali.com - Setelah berhasil melaksanakan Run to Care sejak 2016, SOS Children's Village Indonesia kini melakukan penggalangan donasi bagi anak-anak terdampak pandemi dengan cara yang berbeda.

Jika Run to Care dilakukan dengan berlari, Bike to Care merupakan penggalangan dana dengan bersepeda berkeliling Bali. SOS Children's Village akan menyelenggarakan Bike to Care di Bali pada 19-20 Maret 2022.

Para peserta nantinya akan mulai mengayuh sepedanya dari Nusa Dua mengitari Pecatu menuju Kuta, Tabanan, Gilimanuk dan bermalam di Lovina. Keesokan harinya mereka berangkat menuju Singaraja, Karangasem, Gianyar, Denpasar, sampai akhirnya finish di tempat start semula. 

Panjang lintasan yang dilalui peserta sekitar 500 kilometer mengitari sisi Pulau Bali. Hari pertama dilalui sepanjang 300 kilometer dan hari kedua sepanjang 200 kilometer. 

"Tujuannya adalah membantu anak-anak yang kehilangan pengasuhan orangtua akibat pandemi. Ini adalah cara kita agar orang-orang lebih mengenal program SOS Children's Village untuk anak-anak yang kehilangan pengasuhan orangtua," terang Lusiana Udjaja, PR and Communication Manager SOS Children's Village Indonesia,  ditemui NusaBali.com, Selasa (1/3/2022).

Lusiana menjelaskan, Bike to Care merupakan sebuah cara buat para pesepeda untuk melakukan hobi sekaligus menggalang dana bagi anak-anak yang membutuhkan.

Ada sekitar 50 pesepeda yang akan berpartisipasi pada kegiatan yang dilakukan pertama kali tersebut. Tidak hanya dari pencinta sepeda di Bali, namun juga komunitas sepeda di luar Bali bahkan juga akan diikuti Warga Negara Asing (WNA) yang kebetulan sedang tinggal di Indonesia.

"Sejauh ini sudah ada 50 peserta sudah mendaftar, dan kita memang melimitkan peserta karena masih situasi pandemi," tambah Lusiana.

Selain digelar secara langsung, Bike to Care juga berlangsung secara virtual sejak 20 Februari-20 Maret 2022. Lebih dari 100 orang sudah mendaftar.

Bike to Care sendiri ditargetkan bisa mendapatkan donasi sebesar Rp 500 juta yang akan diteruskan kepada anak-anak yang kehilangan pengasuhan akibat pandemi Covid-19.

SOS Children’s Villages adalah organisasi sosial nirlaba non-pemerintah yang aktif dalam mendukung hak-hak anak dan berkomitmen memberikan anak-anak yang telah atau berisiko kehilangan pengasuhan orang tua kebutuhan utama mereka, yaitu keluarga dan rumah yang penuh kasih sayang.

Di Indonesia, SOS Children’s Villages sudah ada sejak tahun 1972. Saat ini SOS Children’s Villages Indonesia tersebar di sembilan daerah dari Banda Aceh hingga Flores, termasuk di Bali (Tabanan).

Komentar