nusabali

Polres Buleleng Kerahkan Personel Amankan Pawai Ogoh-ogoh

  • www.nusabali.com-polres-buleleng-kerahkan-personel-amankan-pawai-ogoh-ogoh

SINGARAJA, NusaBali
Polres Buleleng akan mengerahkan personel untuk melakukan pengawasan kegiatan pawai ogoh-ogoh pada malam Pangerupukan sebelum Hari Raya Nyepi 1944, Rabu (2/3).

Pihak kepolisian telah melakukan pendataan beberapa titik atau lokasi yang akan digelar pawai ogoh-ogoh. Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto, menyampaikan dari laporan yang diterimanya, sudah ada sekitar 191 lokasi di Buleleng yang akan menggelar ogoh-ogoh. “Rinciannya, di wilayah Kecamatan Tejakula ada 10, Kubutambahan 21, Sawan 19, Buleleng 16, Sukasada 13, Banjar 35, Seririt 33, Busungbiu 33, dan Gerokgak 11,” ungkap AKBP Andrian, Senin (28/2) siang.

AKBP Andrian menambahkan, separuh anggota Polres Buleleng akan dikerahkan untuk pengawasan saat pengarakan ogoh-ogoh. Kegiatan pengamanan ini juga dilakukan bersama seluruh jajaran Polsek hingga anggota Bhabinkamtibmas di desa-desa. Pengawasan dilakukan agar tidak menimbulkan kerumunan, lantaran saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Ditegaskan AKBP Andrian, pihaknya akan memastikan kegiatan pawai ogoh-ogoh tersebut berjalan dengan protokol kesehatan (prokes). Ogoh-ogoh juga hanya diperbolehkan diarak di wilayah masing-masing banjar adat.

Anggota sekaa teruna (ST) yang mengarak ogoh-ogoh juga diimbau sudah divaksinasi lengkap, dosis pertama, kedua, dan booster. Serta tidak dalam kondisi sakit atau terindikasi Covid-19.

“Ogoh-ogoh diperbolehkan dengan syarat prokes ketat dan tidak diperbolehkan (diarak) ke luar banjar. Saya juga tugaskan tiap-tiap Polsek melakukan pengawasan di wilayah masing-masing. Kami akan data siapa saja yang akan mengarak. Untuk dilakukan tes (rapid antigen). Kami juga akan arahkan ke puskesmas, juga cek status vaksinasi, dan kalau belum divaksin akan langsung vaksinasi,” tandasnya. *mz

Komentar