nusabali

Canangkan Jembrana Satu Data hingga Launching Angkringan Pelayanan Publik

Puncak Peringatan Satu Tahun Kepemimpinan Tamba-Ipat di Jembrana

  • www.nusabali.com-canangkan-jembrana-satu-data-hingga-launching-angkringan-pelayanan-publik

NEGARA, NusaBali
Peringatan satu tahun kepemimpinan Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Wabup IGN Patriana Krisna alias Ipat (Tamba-Ipat) ditutup dengan berbagai rangkaian acara bertempat di Angkringan Negaroa Bahagia, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Sabtu (26/2) malam.

Acara malam puncak perayaan 1 tahun kepemimpinan Tamba-Ipat tersebut dihadiri langsung Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) RI Budi Arie Setiadi dan Deputi Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) RI Ateng Hartono, jajaran Forkopimda Jembrana dan para OPD di lingkup Pemkab Jembrana.

Dalam acara tersebut, dilaksanakan launching Pencanangan Desa Mandiri Bahagia melalui program Jembrana Satu Data dari Desa. Progam ini, menjadi program pertama yang ada di Indonesia dan diharapkan menjadi contoh ke depan dari desa lainnya di seluruh Indonesia. Selain itu juga diadakan penandatanganan MoU dengan Gesits bertalian rencana pengembangan pabrik motor listrik di Kabupaten Jembrana. Pada kesempatan yang sama, juga diserahkan bantuan pendidikan kepada sejumlah murid SD dan SMP, penyerahan paket makanan kepada sejumlah lansia, serta launching Angkringan Pelayanan Publik.

Bupati Tamba didampingi Wabup Ipat mengatakan dalam 1 tahun kepemimpinannya, pihaknya berusaha bekerja dengan sungguh-sungguh untuk membangun Jembrana. “Hari ini mungkin masyarakat Jembrana belum bisa melihat hasilnya secara nyata. Mohon itu bisa dimaklumi, seperti bayi baru bisa belajar merangkak. Akan tetapi berilah kami waktu di tahun kedua ini. Kita sudah mulai start berjalan dengan baik. Contohnya kami bisa menarik dana-dana pusat, investasi sudah mulai masuk dan ini membutuhkan waktu dalam pembangunan," ucap Bupati Tamba.

Untuk APBD tahun 2022 ini, kata Bupati Tamba, sudah ada gerakan dengan sangat serius, sehingga masyarakat cepat bisa bekerja dan ekonomi bisa bergerak. "Untuk sektor ekonomi pelan-pelan bangkit dengan positif. Degradasi kita tidak terlalu tajam biarpun di masa pandemi. Pandemi ini membuat suatu tantangan tersendiri buat kita. Akan tetapi banyak opportunity yang kita dapatkan dari sini. Artinya dulu otak kita malas, dan sekarang dengan tantangan di tengah pandemi, otak kita menjadi rajin. Kita maksimalkan apa yang harus kita kerjakan," ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Dalam upaya memajukan Jembrana, imbuh Bupati Tamba, pihaknya tidak diam. Namun terus bergerak dan beradaptasi dengan menghadapi situasi dengan bergerak cepat. "Dengan semangat kami, kita keluar dari Jembrana mengunjungi bapak-bapak kita yang ada di Pemerintah Pusat. Dari apa yang kami lakukan selama ini, melobi investor, akhirnya salah satu pabrik besar yang menyerap ribuan tenaga kerja di Desa Penyaringan, tanggal 23 Maret 2022 mendatang sudah akan  mulai peletakan batu pertama. Selain itu di sektor budidaya tambak udang vaname yang sudah dibangun adalah sebagai percontohan kunjungan dari pada setiap kabupaten atau provinsi. Terbukti kemarin selain Bapak Menko Marves Luhut, juga dikunjungi oleh Bapak Menparekraf Sandiaga Uno dan Bapak Kasal TNI dan hari ini Bapak Wamen juga hadir," ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba mengatakan, dengan berbagai kunjungan dari pemerintah pusat, artinya Kabupaten Jembrana sudah dilirik. Pihaknya pun memastikan sudah punya konsep yang jelas dan terstruktur yang bisa diwujudkan ke depan. “Ini cuma butuh waktu. Saya selalu optimis dan tidak pernah lelah membangun Jembrana dan akan membahagiakan masyarakat Jembrana. Akan tetapi tentunya tidak semua bisa disamaratakan. Akan tetapi paling tidak ekonomi berjalan. Saya mohon doa restu bersama Bapak Ipat, segala kekurangan dan segala yang belum kami capai, mohon beri kami waktu. Kami akan kejar terus target ini sehingga apa yang dicanangkan yang menjadi visi-misi kami menuju Jembrana Bahagia sesuai dengan Tri Hita Karana, bisa terwujud," ucap Bupati Tamba.

Sementara Wabup Ipat, berterimakasih atas dukungan masyarakat yang tetap bisa mendukung dalam melaksanakan pemerintahan ini. “Kami mohon maaf di segala kekurangan. Kita tetap berusaha untuk bagaimana memenuhi apa yang menjadi visi-misi kami," ucap Wabup Ipat.  *ode

Komentar