nusabali

Puskemas dan RSU Bangli Siaga saat Nyepi

  • www.nusabali.com-puskemas-dan-rsu-bangli-siaga-saat-nyepi

Lima Puskesmas rawat inap dan  RSU Bangli sudah menyiapkan petugas untuk pelayanan di hari raya Nyepi pada Kamis (4/3) mendatang.

BANGLI, NusaBali

Menyambut datangnya hari suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944, fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Bangli menyatakan siap memberikan layanan bagi masyarakat. Pelayanan Puskesmas hingga RSU Bangli tetap akan buka untuk memberi pelayanan.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Bangli, dr AA Dwi Wulantari menjelaskan layanan kesehatan tetap berjalan saat hari raya Nyepi. Petugas disiapkan untuk melakukan layanan darurat.

Adapun Puskesmas yang buka adalah Puskesmas yang melayani rawat inap. Puskesmas tersebut meliputi Puskesmas Tembuku II, Puskesmas Susut I, Puskesmas Kintamani I, III dan V.

Nantinya Puskesmas tersebut akan melayani wilayah sekitarnya. Puskesmas Tembuku II mengcover Kecamatan Tembuku, Puskesmas Susut I mengcover wilayah Kecamatan Susut. Kemudian Puskesmas Kintamani I, III dan V mengcover layanan di Kecamatan Kintamani. Sedangkan untuk Kecamatan Bangli, RSU Bangli siap memberikan pelayanan.

Sebanyak lima petugas akan disiagakan di Puskesmas. Untuk Puskesmas rawat inap memiliki kapasitas 10 bed, dan rata-rata di puskesmas tersebut terisi 5 bed.   "Kami siagakan tim PSC 24 Jam di Kabupaten Bangli terkait layanan gawat darurat," kata dr AA Dwi Wulantari, Kamis (24/2).

Terpisah Kasubag Hukum, Humas, dan Pemasaran RSU Bangli, Sang Kompyang Arie S Wijaya mengatakan untuk pelayanan pada hari libur tepat pada Hari Raya Nyepi pelayanan berjalan seperti biasa kecuali pelayanan poliklinik/rawat jalan. Layanan emergency tetap dilayani di IGD.

Pengaturan shift petugas pun sudah dilakukan, mulai dari malam pangerupukan hingga  ngembak geni. "Petugas akan bekerja dalam kurun waktu 36 jam. Nantinya petugas ini akan mendapat dispensasi atau libur," ungkap Sang Kompyang Arie S Wijaya.

Sementara untuk pemenuhan logistik, logistik makanan akan disiapkan baik untuk pasien maupun petugas karena petugas gizi/dapur juga akan berjaga saat Nyepi. "Pemenuhan kebutuhan makanan pasien ditambah dengan logistik makanan untuk petugas tentu dipersiapkan," tegasnya. *esa

Komentar