nusabali

Dishub Siagakan Personel Saat Upacara Melasti dan Tawur Agung

  • www.nusabali.com-dishub-siagakan-personel-saat-upacara-melasti-dan-tawur-agung

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung menyiagakan ratusan personel saat Upacara Melasti dan Tawur Agung, serangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1944.

Personel dikerahkan untuk pengamanan dan pengalihan arus lalu lintas di kawasan yang akan digunakan untuk Upacara Melasti pada 28 Februari 2022 dan Tawur Agung Kesanga di Catus Pata pada 2 Maret 2022.

Kadishub Badung AA Ngurah Rai Yuda Dharma, mengatakan walaupun Upacara Melasti akan dilaksanakan ngubeng, tetapi Dishub tetap mengantisipasi bila mana ada melaksanakan di segara. Untuk itu, Dishub tetap menugaskan anggota menjaga di setiap persimpangan yang dilalui dalam upacara tersebut. “Kemudian untuk pelaksanaan Tawur Agung Kesanga Tingkat Kabupaten Badung yang dipusatkan di Catus Pata, juga kami atensi sesuai permintaan,” ujarnya, Selasa (22/2) petang.

“Kami akan menerapkan manajemen rekayasa lalu lintas, karena ada beberapa jalan yang akan ditutup terutama ruas jalan yang menuju Catus Pata Puri Carangsari untuk memperlancar pelaksanaan Tawur Agung Kesanga Tingkat Kabupaten Badung,” kata Yuda Dharma.

Selama pelaksanaan Upacara Melati dan Tawur Agung, Dishub Badung menurunkan kekuatan penuh dengan jumlah personel sebanyak 76 orang dari UPTD Pengelola Prasarana Teknis Perhubungan Badung Selatan, 70 orang dari UPTD Pengelola Prasarana Teknis Perhubungan Badung Utara, dan 15 orang dari Bidang Lalu Lintas dengan Pengendali Operasional Lapangan Kepala Bidang Lalu Lintas, Kepala UPTD Pengelola Prasarana Teknis Perhubungan Badung Selatan dan Plt Kepala UPTD Pengelola Prasarana Teknis Perhubungan Badung Utara.

“Pengalihan arus lalu lintas akan dimulai 1 Maret 2022 mulai pukul 12.00 Wita hingga 2 Maret 2022. Arus lalu lintas akan kembali normal setelah selesainya upacara Tawur Agung,” jelas Yuda Dharma.

Untuk diketahui, pelaksanaan Upacara Melasti di Kabupaten Badung akan dilaksanakan pada 28 Pebruari 2022 sesuai Surat Edaran Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Badung. Pelaksanaan Upacara Melasti adalah ngubeng dalam artian tidak ke pantai tetapi hanya sampai di Bale Agung atau di Pura masing-masing. Sedangkan kegiatan Tawur Agung Kesanga yakni pada 2 Maret 2022. *asa

Komentar