nusabali

ITB STIKOM Bali Support Pembelajaran Online di SMK PGRI 2 Badung

  • www.nusabali.com-itb-stikom-bali-support-pembelajaran-online-di-smk-pgri-2-badung

MANGUPURA, NusaBali.com - Kegiatan belajar-mengajar secara daring (online) di masa pandemi terasa lebih mudah dan lancar jika sekolah memiliki Learning Management System (LMS); Untuk itulah ITB STIKOM Bali merasa perlu memberikan dukungan bagi SMK PGRI 2 Kabupaten Badung sebagai bagian program pengabdian masyarakat.

Kepala SMK PGRI 2 Badung Drs I Gusti Ketut Sukadana MPd mengapresiasi apa yang telah dilakukan tim ITB STIKOM Bali. 

“Terima kasih kepada ITB STIKOM Bali,yang bersedia mengimplementasi serta menerapkan LMS di sekolah kami. Kami berharap dengan sistem ini, pembelajaran terhadap siswa kami semakin berkualitas baik luring maupun daring,” kata Sukadana.

Sebelumnya kegiatan belajar mengajar (KBM) secara online di SMK PGRI 2 Badung sudah mempergunakan platform pembelajaran jarak jauh. Namun penyimpanan data-datanya masih dilakukan oleh masing-masing guru. 

“Untuk itu kami mengembangkan LMS Mandiri, sehingga data-data KBM secara online pada SMK PGRI 2 Badung dapat tersimpan terpusat,” jelas Ni Putu Linda Santiari SKom MKom, salah satu Tim Dosen Pengembangan LMS Mandiri, Selasa (22/2/2022). 

Selain Linda Santiari,  tim dosen pengembangan LMS  mandiri ini adalah I Gede Surya Rahayuda SKom MKom dan I Putu Ramayasa SKom MKom. Mereka dibantu oleh mahasiswa ITB STIKOM Bali Ni Putu Novi Sriwahyuni, Ni Komang Ayu Trinadi, AA Gede Bagus Narotama Krishnarada Manohara. 

Pengembangkan LMS ini menghasilkan sebuah platform pembelajaran dengan nama elearning-smkpgri2bdg.sch.id. Pelatihan dilakukan kepada tim IT dan guru SMK PGRI 2 Badung perihal penggunaan website e-learning SMK PGRI 2 Badung. 

Kegiatan dilakukan  secara luring dengan datang langsung ke  sekolah berlokasi di Jalan I Gusti Ngurah Rai Gang Cempaka Putih, Banjar Delod Bale Agung, Kecamatan Mengwi.  Pelatihan  pada pekan lalu tersebut dilakukan dengan guru-guru mempraktikkan penggunaan e-learning dan mencoba fitur-fitur yang disediakan dalam e-learning. 

Banyak fitur e-learning yang dicoba seperti penambahan topik dan materi pelajaran, penambahan tugas, pembuatan ulangan dan bank soal, serta pembuatan absensi online pada e-learning. 

Pendampingan penggunaan e-learning SMK PGRI 2 Badung dilakukan secara luring dan daring untuk memaksimalkan pemahaman dalam penggunaan e-learning bagi guru. 

Kegiatan pengabdian ini menggunakan dana hibah dari ITB STIKOM Bali serta partisipasi mitra yaitu SMK PGRI 2 Badung.  "Kami berharap LMS ini dapat membantu proses pembelajaran pada SMK PGRI 2 Badung,” kata Surya Rahayuda, salah seorang anggota tim pengabdian.

Kegiatan pengabdian masyarakat dari ITB STIKOM Bali ini diharapkan dapat meningkatkan potensi guru dalam penggunaan e-learning SMK PGRI 2 Badung dan fitur-fitur di dalamnya. 

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi guru untuk mengembangan diri dalam bidang teknologi informasi dan saya harapkan tetap dilakukan pendampingan- pendampingan berikutnya,”  ungkap Ni Luh Putu Kurniawati SKom, Kepala Program Studi Multimedia SMK PGRI 2 Badung.



Komentar