nusabali

TOSS Center Jual Sampah Plastik Rp 64 Juta

  • www.nusabali.com-toss-center-jual-sampah-plastik-rp-64-juta

SEMARAPURA, NusaBali
Koperasi Gema Nadi Lestari (KGNL) Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) perdana tahun buku 2021.

Dalam rapat terungkap, TOSS telah berhasil menjual sampah plastik Rp 64 juta. RAT digelar di TOSS Center, Minggu (20/2) pagi, dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Hadir, Ketua TP-PKK Ny Ayu Suwirta, dan kepala OPD terkait, para penasihat, pengawas, para wirausahawan, erta puluhan anggota koperasi.

Bupati Suwirta mengatakan walaupun koperasi ini baru dan masih kecil, namun jika dipelihara dan dijalankan dengan baik maka akan bisa menjadi koperasi dengan SHU besar  dan bermanfaat besar bagi anggotanya. "Kita harus memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan koperasi ini." ujar Bupati Suwirta.

Bupati meyakini TOSS Center berpeluang besar dalam mengembangkan usaha di bidang pertanian. Karena lahan TOSS saat ini akan bisa dimanfaatkan untuk usaha pertanian buah organik, seperti pisang, kelengkeng dan tanaman lain, didukung pupuk organik hasil TOSS.

Kepada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan Klungkung, Bupati Suwirta menugaskan untuk mengkawal setiap koperasi sejak mulai berdiri, bukan hanya ketika koperasi sudah besar dan berkembang. "Berkat koperasi ini pula bisa menjual sampah plastik Rp 64 juta kepada Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI)," kata Bupati Suwirta.

Ketua Koperasi Gema Nadi Lestari Luh Ketut Ari Citrawati menyampaikan KGNL memiliki aset Rp 124.536.505, dengan unit usaha pengelolaan sampah, kewirausahaan,

dan lainnya. Koperasi ini memiliki 43 anggota awal, kini bertambah lagi 67 orang, sehingga pada akhir tahun 2021  jadi 110 orang. Koperasi juga mendapatkan bantuan berupa alat-alat pengelola sampah, alat-alat perkantoran dan alat-alat kebersihan dari DPD APSI Bali-Nusa dengan anggaran Rp 83.412.458. *wan

Komentar