nusabali

Sekda Adi Arnawa Kunjungi Subak Selasih

  • www.nusabali.com-sekda-adi-arnawa-kunjungi-subak-selasih

MANGUPURA, NusaBali
Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa mengunjungi Subak Selasih, Munduk Kauripan, Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Minggu (20/2).

Selama meninjau subak, Adi Arnawa didampingi Perbekel Desa Sedang I Gede Budiyoga. Sekda Adi Arnawa diajak meninjau saluran irigasi oleh Pekaseh Subak Selasih I Wayan Suta dan Pangliman I Ketut Arya Antara Jaya, serta sejumah krama subak. Dalam kesempatan itu, disampaikan pula terkait sejumlah permasalahan yang sempat disampaikan pekaseh dan pangliman Subak Selasih.

Pekaseh Wayan Suta menyampaikan bahwa saluran irigasi di Subak Selasih mengairi lahan pertanian seluas sekitar 36 hektar. Kondisi saluran irigasi saat ini perlu perbaikan agar aliran air lebih maksimal ke lahan pertanian milik petani. Selain masalah saluran irigasi, juga disampaikan mengenai usulan jalan usaha tani (JUT), perbaikan parahyangan atau pura subak serta permohonan dana aci.

Menanggapi usulan tersebut, Sekda Adi Arnawa mengatakan usulan dari Subak Selasih ini sudah disampaikan kepada bupati. “Kami mengecek langsung kondisi di lapangan, apakah memang benar sesuai dengan yang disampaikan oleh pekaseh sebelumnya,” ujar Adi Arnawa.

Dari hasil pemantauannya, Adi Arnawa menilai usulan dari krama Subak Selasih memang patut menjadi perhatian dan prioritas pemerintah. “Misalkan soal saluran irigasi memang perlu ditingkatkan, karena akan sangat berpengaruh pada produktivitas lahan pertanian. Termasuk realisasi JUT, untuk mempermudah transportasi dan pengangkutan hasil produksi,” kata birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan.

Untuk usulan dan aspirasi dari Krama Subak Selasih, kata Adi Arnawa, akan segera dikaji oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. “Astungkara usulan krama subak ini akan menjadi salah satu prioritas kegiatan yang direalisasikan pada tahun anggaran selanjutnya,” tandasnya. *ind

Komentar