nusabali

PLN Tambah dan Pindah Jaringan ke Bawah Tanah

Tingkatkan Keandalan Pasokan Jelang KTT G-20

  • www.nusabali.com-pln-tambah-dan-pindah-jaringan-ke-bawah-tanah

Jaringan kabel yang ditanam di bawah tanah sepanjang 1,3 kilometer, tembus antara wilayah Kutuh dengan Sawangan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

MANGUPURA, NusaBali

Menjelang perhelatan KTT G-20, berbagai persiapan dilakukan oleh sejumlah pihak, mulai dari penataan jalan, trotoar, dan taman sepanjang jalan di kawasan Kuta Selatan. Salah satu stakeholder yang ikut melakukan persiapan adalah PLN Distribusi Bali. Sejumlah kabel yang ada di wilayah Kutuh dan Sawangan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, dipindah menjadi jaringan di bawah tanah.

Manajer Komunikasi PLN Distribusi Bali I Made Arya mengakui terkait adanya aktivitas penanaman kabel bawah tanah tersebut. Langkah dimaksud merupakan salah satu bentuk kegiatan penambahan jaringan baru demi keamanan pasokan aliran listrik. “Memang benar, yang kami laksanakan itu adalah berkaitan dengan G-20. Itu berupa pekerjaan penambahan jaringan baru demi keandalan pasokan,” kata Made Arya, Sabtu (19/2).

Dijelaskannya, pengerjaan di wilayah Kutuh dan Sawangan itu merupakan bagian dari penambahan jalur baru yang dilakukan PLN. Di samping itu, dalam rangka menyambut G-20 pula, kini sedang dilakukan pekerjaan pemindahan kabel. Dari awalnya terpasang di udara, dipindahkan dengan cara ditanam di dalam tanah.

Masih menurut Made Arya, penurunan kabel udara eksisting itu dilaksanakan pada ruas dari sekitar vila hingga Hotel Kempinski. “Panjang totalnya itu mencapai 1,3 kilometer,” ungkap Made Arya.

Kegiatan pemindahan utilitas tersebut sudah mencapai progres 34 persen dan itu ditarget tuntas pada Agustus 2022. Diakuinya, bahwa pekerjaan itu dilakukan mengacu hasil rapat bersama Kemenko Marves sebelumnya. Saat itu, PLN diarahkan untuk merapikan kabel-kabel yang masih terpasang di udara. “Yang dikerjakan itu di akses tembus antara wilayah Kutuh dengan Sawangan, Kecamatan Kuta Selatan. Di lokasi tersebut, aktivitas penanaman kabel 20 kV,” ucap Made Arya. *dar

Komentar