nusabali

Tingkatkan Kinerja, Bhabinkamtibmas Ikuti Pelatihan

  • www.nusabali.com-tingkatkan-kinerja-bhabinkamtibmas-ikuti-pelatihan

SINGARAJA, NusaBali
Puluhan personel Bhabinkamtibmas di Buleleng mengikuti pelatihan kinerja yang digelar Polres Buleleng bersama Direktur (Dir) Bimbingan Masyarakat (Dir-Bimas) Polda Bali, Jumat (18/2), di Gedung Serbaguna Kantor Kelurahan Banjar Jawa, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan pelayanan Bhabinkamtibmas kepada masyarakat. Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto mengapresiasi kinerja Bhabinkamtibmas yang bekerja keras di masing-masing wilayah binaannya. Apalagi, wilayah binaan ini memiliki karakter masyarakat berbeda-beda, sehingga memerlukan kerja ekstra dalam memimbing masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas wilayah agar tetap kondusif.

"Ada beberapa komponen masyarakat mengajukan kepada Polres Buleleng agar Bhabinkamtibmas yang bersangkutan untuk tetap dipertahankan. Ini membuat saya bangga, berarti selama ini bhabinkamtibmas telah berhasil menyatu dan membina masyarakatnya, usahakan seluruh Bhabinkamtibmas dapat melakukan hal yang serupa berbuat dan melayani masyarakat dengan baik sehingga ada kesan yang bagus di masyarakat," kata AKBP Andrian.

AKBP Andrian menyebutkan, situasi pandemi Covid-19, para personel Bhabinkamtibmas mengemban tugas penting. Selain itu, tugas penanganan Covid-19 menjadi tantangan tersendiri. Mulai dari pelaksanaan tracing, testing hingga treatment sehingga diperlukan komunikasi dan koordinasi yang baik antar instansi di desa.

Tugas lainnya, perosnel Bhabinkamtibmas diinstruksikan menjabarkan program Sistem Pengamanan Berbasis Adat atau Sipandu Beradat. "Ini bisa dilakukan dengan melibatkan semua komponen untuk menyelesaikan permasalahan yang ada sehingga permasalahan tersebut tidak lagi ke jalur hukum, dan tetap jaga kesehatan," tandas AKBP Andrian.

Kasi Binev Subdit Bahinkamtibmas Polda Bali Kompol Ketut Sukada mewakili Dir Binmas Polda Bali mengatakan, pelatihan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas merupakan salah satu program Binmas Polda Bali. Secara khusus peningkatan kemampuan diberikan kepada agar Bhabinkamtibmas dapat memerankan tugas dan fungsinya di tengah-tengah masyarakat, dengan optimal.

Selain itu, pelatihan ini secara khusus mengajarkan bhabinkamtibmas dalam menyusun laporan kegiatan lewat sistem aplikasi Bimas Online System (BOS-V2) "Laporan menjadi tolak ukur kinerja dan merupakan bukti bahwa Bhabinkamtibmas telah bekerja. Sehingga lewat pelatihan ini kami ajarkan para anggota Bhabinkamtibmas untuk menyusun laporan berbasis aplikasi itu," tandasnya. *mz

Komentar