nusabali

BPD Bali Cover BPJS 504 Nelayan di Klungkung

  • www.nusabali.com-bpd-bali-cover-bpjs-504-nelayan-di-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
504 nelayan di Klungkung mendapat kartu BPJS Ketenagakerjaan, di eks pelabuhan Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Kamis (17/2) pagi.

Program ini untuk memberikan perlindungan keselamatan kerja kepada para nelayan di laut. Kartu BPJS Ketenagakerjaan tersebut diserahkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung I Dewa Ketut Sueta Negara, dihadiri pihak BPJS Ketenagakerjaan Bali Timur Dimo dan perwakilan Bank BPD Bali Cabang Klungkung. Kartu BPJS Ketenagakerjaan itu merupakan bantuan CSR (corporate social responsibility) sebagai bentuk tanggung jawab sosial Bank BPD Bali kepada masyarakat dan lingkungan sekitar, selama 3 bulan kedepan. Selanjutnya, para nelayan membayar secara mandiri baik lewat kelompok, maupun secara mandiri Rp 16.800/orang.

Kartu ini dengan dua manfaat, yakni Rp 10.000 untuk jaminan Kecelakaan Kerja dan Rp 6.800 untuk jaminan kematian. Untuk perawatan di rumah sakit tidak ada batas nominalnya, kecelakaan kerja yang menyebabkan kematian dapat santunan Rp 70 juta dan dapat beasiswa untuk 2 orang anak. Jika meninggal dunia yang tidak ada kaitan dengan pekerjaan dapat santunan Rp 42 juta, dan beasiswa 2 orang anak dengan syarat sudah mengikuti BPJS Ketenagakerjaan selama 3 tahun.

Dewa Sueta mengatakan BPJS Ketenagakerjaan ini diberikan kepada 504 nelayan se-Kabupaten Klungkung, namun kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk nelayan di Kecamatan Nusa Penida akan diserahkan menyusul.

"Pekerjaan nelayan di laut penuh risiko, dan kebanyakan mereka juga menjadi tulang punggung keluarga," ujar Dewa Sueta, Kamis (17/2).

Pejabat asal Desa Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini menambahkan selama ini memang agak sulit mengajak nelayan untuk ikut BPJS Ketenagakerjaan. Di antaranya karena tidak sempat mengurus, belum menyadari pentingnya fungsi BPJS Ketenagakerjaan dan lainnya. "Setelah diberikan sosialisasi oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan, para nelayan pun memahami pentingnya BPJS Ketenagakerjaan," kata Dewa Sueta.

Selain penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan, Bank BPD Bali Cabang Klungkung juga memberikan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mesari dari Bank BPD Bali dengan bunga yang sangat ringan untuk para nelayan.*wan

Komentar