nusabali

Bupati Suwirta Akan Mohon Lahan Pemprov

Rencana Bangun Rutilahu 27 KK Miskin

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-akan-mohon-lahan-pemprov

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Rabu (16/2), kembali mengevaluasi program Rehabilitasi Sosial Rimah Tidak Layak Huni (RS-Rutilahu) untuk KK miskin penerima bantuan.

Evaluasi dilakukan di Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Klungkung, yang tercatat masih memiliki KK miskin tinggal di rumah tidak layak huni. Bupati mengaku akan segera mohon lahan milik Provinsi Bali untuk bisa dibangunkan rumah layak huni sekaligus pemberdayaan untuk ke 27 KK miskin di desa tersebut.

Bupati Suwirta mengatakan, pembangunan rumah program Rutilahu di Desa Paksebali sebagian besar telah selesai dan sudah ditempati oleh masing - masing KK miskin. Namun 27 KK lainnya masih menempati rumah tidak layak huni. ‘’Karena tidak berhak menerima bantuan Program Rutilahu akibat lahan yang ditempati sekarang adalah milik orang lain," ujar Bupati Suwirta kepada Kepala Bapperlitbang Klungkung, Anak Agung Lesmana dan Perbekel Desa Paksebali I Putu Ariadi.

Bupati Suwirta mengaku segera mohon lahan milik Provinsi Bali untuk bisa dibangunkan rumah layak huni sekaligus pemberdayaan untuk ke 27 KK miskin tersebut. Bupati Suwirta dengan menggunakan dana operasionalnya juga kembali memberikan bantuan palinggih. Bantuan ini  kepada keluarga Nengah Yudana, seorang buruh bangunan dari Dusun Kanginan, Desa Paksebali. Karena Sanggah Nengah Yudana sangat tidak layak dan tidak terawat.

Bupati Suwirta membantu pembangunan palinggih Rong Telu, Padmasana, Pangijeng Karang, dan Ngerurah.  Perbekel Desa Paksebali I Putu Ariadi mengatakan desanya berubah sejak ada program Bedah Desa oleh Bupati Suwirta, empat tahun lalu. Dulu desanya berpredikat sebagai desa miskin, kini berkat sentuhan dan bimbingan Bupati Suwirta, menjadi desa wisata dengan meraih berbagai prestasi.

Kata dia, dengan Bedah Desa telah banyak perubahan dalam pemberdayaan UMKM, infrastruktur, penurunan KK miskin, pengolahan sampah, peningkatan kebersihan lingkungan dan perkembangan pariwisata. Dia mengatakan desanya mendapatkan bantuan rehab rumah 131 KK dan Bedah Rumah untuk 10 KK. Namun, 27 KK miskin luput dari bantuan ini karena lahan yang ditempati milik orang lain. ‘’Kami berharap Pemkab Klungkung bisa membantu warga kami supaya bisa tinggal di rumah yang benar benar layak huni,’’ jelasnya.*wan

Komentar