nusabali

Mulai Maret Turis ke Bali Tidak Perlu Karantina Jika Skema Ini Diizinkan Pusat

  • www.nusabali.com-mulai-maret-turis-ke-bali-tidak-perlu-karantina-jika-skema-ini-diizinkan-pusat

MANGUPURA, NusaBali.com - Gubernur Bali, Wayan Koster, terus melobi pemerintah pusat agar pariwisata Bali menggeliat kembali di tengah pandemi Covid-19. Salah satu yang diupayakan gubernur adalah agar karantina wisatawan mancanegara atau turis tidak perlu dilakukan bagi mereka yang memenuhi syarat.

Saat ini, aturan karantina sudah semakin diperlonggar oleh pemerintah dengan dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang telah melakukan melakukan vaksin dosis 3 (booster) diperbolehkan menjalani karantina selama 3 hari. Sedangkan bagi yang baru 2 kali vaksin, karantina dilakukan selama 5 hari, dan bagi yang baru 1 kali vaksin harus menjalani karantina selama 7 hari.

“Kalau bisa di awal Maret sudah bisa tanpa karantina, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke Bali tidak perlu terlalu lama menjalani karantina sepanjang memenuhi protokol kesehatan, yaitu negatif swab PCR pada saat keberangkatan dan negatif swab PCR pada saat kedatangan yang hasilnya ditunggu di hotel,” ujar Gubernur Koster ketika meninjau kedatangan maskapai Singapore Airlines di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Rabu (16/2/2022). 

Gubernur menambahkan kalau dirinya terus berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar wisatawan bisa melakukan penerbangan langsung ke Bali. 

Setelah Garuda Indonesia rute Narita-Denpasar dan Singapore Airlines rute Singapura-Denpasar, Koster menyebut, Garuda Indonesia akan segera membuka kembali penerbangan rute Sydney-Denpasar.

“Garuda Indonesia segera membuka penerbangan dari Australia dimulai dari Sydney ke Denpasar, rencananya tanggal 4 Maret 2022,” kata Koster.

Selain Garuda Indonesia dan Singapore Airlines, Koster juga menambahkan dua maskapai lainnya yakni, maskapai Jet Star (Australia) dan Batik Air (rute Singapura-Denpasar) yang juga rencananya membuka kembali penerbangan ineternasional langsung menuju Bali. 
 
“Tentu kita berharap penerbangan internasional yang sudah berjalan saat ini segera merealisasikan rencananya,” ujar Koster.

Koster berharap pemulihan pariwisata Bali nantinya sejalan dengan kesuksesan menjadi tuan rumah Presidensi G20 yang acara puncaknya berlangsung pada bulan November 2022. 

Komentar