nusabali

Pura Penataran Sasih Gelar Karya Penerusan

  • www.nusabali.com-pura-penataran-sasih-gelar-karya-penerusan

GIANYAR, NusaBali
Pangempon Pura Penataran Sasih, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, akan menggelar Karya Agung Penerusan Panca Wali Krama di Pura Penataran setempat.

Puncak Karya pada Anggara Paing Bala, Purnamaning Kasanga, Selasa (15/2) ini. Prosesi Karya Agung ini telah dimulai dari Nyukat Genah dipimpin Yajamana Karya Ida Pedanda Wayahan Bun dari Griya Sanur Pejeng, Nanceb Sanggar Tawang, Mlaspas, Mendak Pratima Sanghyang Rare Angon, Nuasen Karya, Manca Kerta, Negtegang hingga Nyangling.

Bendesa Adat Jero Kuta Pejeng Cokorda Gede Putra Pemayun SH, Senin (14/2) siang, menjelaskan beberapa hari menjelang Puncak Karya sudah dilaksanakan prosesi Mapepada atau pembersihan secara niskala terhadap hewan kurban untuk Pacaruan, Jumat (11/2).  Hewan-hewan kurban tersebut di antaranya, Kerbau Anggrek Wulan dan Kerbau Yusmerana, Kambing Hitam, Kuluk Bang Bungkem, Babi, Kucit Butuhan, Angsa, Bebek Putih, Ayam, dan perlengkapan lain. Setelah seluruh hewan kurban tersebut diupacarai, keesokan harinya, Sabtu (12/2) dilaksanakan upacara Mabhuta Yadnya  (macaru) dan Mlaspas Bagia.  

Cokorda Gede Putra Pemayun menyampaikan, Puncak Karya akan dilaksanakan sekitar pukul 09.00 Wita, dipuput Yajamana Ida Pedanda Wayahan Bun, Ida Pedanda Budha dari Griya Tengah Wanasari, dan Ida Pedanda Gede dari Griya Sanding Anyar, Desa Pejeng. ''Serangkaian Karya ini akan digelar sasolahan wawalen dengan nedunang Sanghyang Jaran, Anten-antenan (puncak karya), hingga Nampyog serta Siyat Sampyan saat Ida Bhatara manca-manca budal, pada Jumat, 18 Februari 2022,'' paparnya.

Cokorda Putra Pemayun mohon kepada seluruh umat Hindu untuk bersama-sama mendoakan seluruh rangkaian upacara ini agar berlangsung lancar. Mohon juga keselamatan jagat agar pandemi Covid-19 segera berakhir. *nvi

Komentar