nusabali

Bersihkan Longsor di Desa Pempatan, BPBD Sewa Ekskavator

  • www.nusabali.com-bersihkan-longsor-di-desa-pempatan-bpbd-sewa-ekskavator

AMLAPURA, NusaBali
BPBD Karangasem sewa ekskavator untuk membersihkan material longsor yang menimbun jalan di Banjar Pemuteran, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem, Minggu (13/2).

Longsor yang terjadi di hari Minggu (6/2) juga menerjang tembok panyengker Pura Dukuh Bujangga hingga roboh. Selama seminggu jalan tertimbun longsor, warga masih bisa beraktivitas karena ada jalan alternatif.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengatakan ekskavator mulai beroperasi membersihkan material longsor yang menimbun jalan sejak Jumat (11/2). Material longsor diangkut menggunakan dump truk. Setelah dibersihkan, jalan rabat beton dengan lebar 4 meter yang tertimbun material longsor akhirnya bisa dilalui. Pengerjaan bersihkan material longsor dibantu krama pengempon Pura Dukuh Bujangga dan warga Banjar Pemuteran.

Ida Bagus Arimbawa mengatakan, jalur Banjar Pemuteran rawan longsor karena struktur tanahnya labil, gembur, dan berpasir. Tanaman keras yang tumbuh hanya pinus. Pohon ini tidak kuat menahan struktur tanah. Banjar Pemuteran dan sekitarnya terutama di wilayah hutan lindung juga rata-rata tanahnya labil, cenderung berpasir. Setiap musim hujan terjadi erosi. *k16

Komentar