nusabali

Empat Desa Dibantu TPS3R Tahun Ini

  • www.nusabali.com-empat-desa-dibantu-tps3r-tahun-ini

SINGARAJA, NusaBali
Empat desa di Buleleng akan mendapat bantuan pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, dan Recycle (TPS 3R) tahun ini.

Bantuan tersebut anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI.

Keempat desa sasaran program bantuan yakni Desa Panji di Kecamatan Sukasada, Desa Pacung dan Desa Tejakula di Kecamatan Tejakula, serta Desa Tamblang di Kecamatan Kubutambahan. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng I Putu Adiptha Ekaputra Minggu (13/2) kemarin mengatakan masing-masing desa akan mendapatkan bantuan anggaran Rp 600 juta.

Bantuan tersebut akan dikelola secara swadaya oleh masing-masing desa, tidak melalui tender. “Pembangunan akan diserahkan ke masing-masing desa secara swakelola. Anggarannya sudah terpasang di DAK, targetnya dapat selesai Desember tahun ini,” ungkap Adiptha.

TPS3R yang akan dibangun di atas lahan seluas 4 are hingga 10 are. Tergantung kesiapan lahan masing-masing desa. Dalam TPS3R tersebut wajib dibangun instalasi pengolahan sampah. Mulai dari mesin pencacah, mesin pengayak, sarana composting, gudang, serta kantor. Selain itu masing-masing desa juga diberikan kendaraan roda tiga untuk sarana angkut sampah.

Menurut Adiptha, bantuan TPS3R tahun ini menyasar dan memprioritaskan desa-desa yang sudah siap dengan lahan. Selanjutnya yang sudah menyatakan siap akan diajukan untuk mendapatkan program bantuan dari pusat. “Kami memang fokuskan desa-desa yang sudah siap lahan dulu, kemudian disesuaikan dengan kuota dari pusat. Kalau bisa sebanyak-banyaknya, sehingga beban sampah yang masuk ke TPA bisa berkurang,” imbuh dia.

Sementara itu sejauh ini dari 148 desa/kelurahan yang ada di Buleleng, TPS3R sudah ada di 40 lokasi. Puluhan TPS3R ini pun diklaim telah membantu mengelola sampah dari desa sebanyak 77 ton per bulannya. *k23

Komentar