nusabali

74 Koperasi Gelar RAT, 108 Koperasi Layak Bubar

  • www.nusabali.com-74-koperasi-gelar-rat-108-koperasi-layak-bubar

AMLAPURA, NusaBali
Ketua Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Karangasem I Gede Ngurah Indrayana optimis seluruh koperasi sehat di Karangasem menggelar rapat akhir tahun (RAT).

Sementara sebanyak 74 koperasi dari 198 koperasi sehat telah menggelar RAT. Sebanyak 108 koperasi kondisi sakit dan layak dibubarkan.  Ngurah Indrayana mengatakan, Dekopinda bersama Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Karangasem telah beberapa kali melakukan audit koperasi di Karangasem. Sebanyak 325 koperasi diverifikasi, hanya 211 koperasi masih aktif dengan 108 koperasi masuk usulan dibubarkan. “Ada koperasi namun tidak ada pengurusnya, tidak ada kantornya, hanya papan nama saja, sebaiknya koperasi seperti itu mengajukan diri untuk dibubarkan,” pinta Ngurah Indrayana, Minggu (13/2).

Kadis Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Karangasem I Gede Loka Santika mengapresiasi kerja keras Dekopinda Karangasem melakukan pembinaan, edukasi, dan bimbingan kepada koperasi sehingga prosentase pelaksanaan RAT dari tahun ke tahun meningkat. “Sepanjang pengurus koperasi punya niat maju, pemerintah siap memberikan bimbingan dan pembinaan. Jika koperasi keberadaannya tidak jelas, selayaknya diusulkan untuk dibubarkan sehingga yang wajib RAT berkurang,” ungkap Loka Santika. *k16

Komentar