nusabali

Pasien Covid-19 Rujukan ke Rumah Sakit Bertambah

  • www.nusabali.com-pasien-covid-19-rujukan-ke-rumah-sakit-bertambah

TABANAN, NusaBali
Perawatan pasien jenis rujukan pasien Covid-19, di RSUD Tabanan dan UPTD RS Nyitdah, Tabanan,
terus bertambah, Kamis (10/2).

Penambahan ini seiring peningkatan kasus mutasi virus Omicron. Tercatat per Kamis (10/2), kasus positif Covid-19 di Tabanan bertambah 224 orang.  Jumlah pasien Covid-19 di RSUD Tabanan menjadi 43 orang. Jumlah ini terus meningkat dari sebelumnya, hanya 41 orang. Sebagian besar yang dirawat ini pasien usia 50 -60 tahun. Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Tabanan dr Made Karna mengatakan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Tabanan mencapai 43 orang. Mereka dirawat di ruangan komplek ruangan Cempaka sebagaimana tempat yang memang dikhususkan untuk penanganan pasien Covid-19. "Hari ini kami rawat 43 orang, sehari sebelumnya merawat 41 orang," jelasnya.

Kata dia, pasien yang dirawat ini sebagian besar mengeluhkan gejala sedang hingga gejala berat karena memiliki penyakit penyerta. "Kami sudah tangani 43 pasien ini," tegasnya.

Kendatipun terus terjadi peningkatan kasus, RSUD Tabanan saat ini belum sampai menambah bed pasien. Bed yang ada masih 106 unit. "Kami tidak ada penambahan bed, sebab ketersediaan masih banyak, karena yang dirawat hanya 43 orang," tegas dr Karna.

Hal senada disampaikan Direktur UPTD RS Nyitdah dr I Wayan Doddy Setiawan. Perawatan pasien Covid-19 di RS ini terus meningkat. Per 9 Februari pasien dirawat 11 orang, namun 10 Februari yang dirawat mencapai 8 orang. "Pasien Covid-19 yang dirawat di UPTD RS Nyitdah meningkat sejak seminggu ini yang sebelumnya nol," tegasnya.

Menurut dia, pasien yang dirawat tersebut sebagian besar mengeluhkan gejala sedang. Seperti panas, batuk, hingga sesak. "Kami di RS Nyitdah siapkan 40 bed untuk penanganan pasien Covid-19, dan saat ini keterisianya masih aman," tegasnya.

Meskipun masih di posisi aman, sebagai upaya jaga-jaga jika terjadi lonjakan kasus, RS Nyitdah telah siap. Mulai dari oksigen, dan obat-obatan sementara masih cukup. "Jika nanti kurang, Dinas Kesehatan Tabanan sudah siap mensupport," tandas dr Doddy.

Kasus positif Covid-19 di Tabanan bertambah menjadi 224 orang. Mereka dirawat tersebar, ada yang menjalani isolasi mandiri (isoman), dirawat di tempat isolasi terpusat (isoter) dan di rumah sakit. Namun sebagian besar mereka menjalani isoman. Seiring dengan penambahan kasus positif, pada hari yang sama juga dilaporkan pasien sembuh 65 orang dan meninggal 1 orang. Total kasus positif Covid-19 di Tabanan 13.404, sembuh 11.292, dan meninggal 549 orang.

Peningkatan kasus Covid-19 di Tabanan terjadi sejak 2 Februari 2022 mencapai 59 orang positif. Tiap hari bertambah menjadi 185 orang, lalu menurun sedikit diangkat 183 orang. Kemudian 5 Februari meningkat diangkat 242, menurun 160 orang, menurun kembali diangka 77 orang, lalu meningkat menjadi 238 orang, menurun menjadi 220, dan per Kamis (10/2) meningkat menjadi 224.*des

Komentar