nusabali

Sehari Nyaris Tembus 1.000 Kasus

Kasus Aktif Covid-19 di Denpasar 5.063, Tempat Isoter Mulai Penuh

  • www.nusabali.com-sehari-nyaris-tembus-1000-kasus

Jumlah tempat isolasi terpusat (Isoter) saat ini yang dimiliki Kota Denpasar sebanyak 3 tempat yang kapasitasnya sudah terisi sebanyak 90 persen.

DENPASAR, NusaBali
Kasus Positif Covid-19 di Kota Denpasar terus merangkak naik. Dalam sehari, Rabu (9/2) kasus kembali melonjak sampai 968 kasus atau nyaris mendekati 1.000 kasus. Dengan tingginya kasus harian, kasus aktif yang dirawat saat ini baik isolasi mandiri (isoman), isolasi terpusat, dan isolasi di rumah sakit mencapai 5.063 kasus.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai mengatakan kasus di Denpasar terus merangkak naik setiap harinya. Ini merupakan kasus tertinggi dalam masa Pandemi Covid-19 di Kota Denpasar.

Dari jumlah tersebut yang terkonfirmasi postif dari kalangan, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, anak anak, ASN (dosen, guru), dan tenaga kesehatan (Nakes) dengan rentang usia dari 2 tahun sampai 75 tahun. Dari jumlah tersebut seluruh kasus yang ada disebar dengan dilakukan perawatan di RS bagi yang mengalami gejala sedang hingga berat, isoter dan isoman bagi orang tanpa gejala (OTG).

Jumlah isoter saat ini yang dimiliki Kota Denpasar sebanyak 3 tempat yang kapasitasnya sudah terisi sebanyak 90 persen. Pertama di kawasan Jalan Veteran Denpasar dengan kapasitas 102 dan sudah penuh. Penambahan hotel baru di Werdha Pura, Sanur, Denpasar Selatan dengan kapasitas 150 bed, dan Bappelkes khusus bagi warga yang ber KTP di luar Denpasar.

"Dengan terus meningkatnya kasus ini kami melakukan langkah taktis dengan hentikan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sementara, fasilitas publik ditutup sementara. Menggencarkan 3 T, menyiapkan tempat isoter, menyiapkan RS rujukan dengan menambah bed, Meningkatkan cakupan vaksinasi (booster), mengaktifkan lagi satgas dari tingkat banjar, desa/kelurahan dan desa adat, serta menggencarkan tindakan yustisi terkait disiplin prokes," ungkap Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar ini.

Selain penambahan kasus, Dewa Rai mengatakan, kasus meninggal dunia bertambah 3 orang dan pasien sembuh bertambah 106 orang. Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 5M," tandas Dewa Rai. *mis

Komentar