nusabali

Atasi Dampak Pandemi, Golkar Bali Terjun ke Petani

Salurkan 20.000 Bibit Pohon Alpukat Berkualitas Ekspor

  • www.nusabali.com-atasi-dampak-pandemi-golkar-bali-terjun-ke-petani

DENPASAR, NusaBali
Golkar Bali salurkan 20.000 bibit pohon alpukat jenis Has dan Cuba untuk petani di 20 desa di Kabupaten/Kota se-Bali.

Penyerahan bibit pohon alpukat ini merupakan gerakan Partai Golkar untuk mewujudkan keseimbangan ekonomi di tengah anjloknya sektor pariwisata karena Pandemi Covid-19, dan orang-orang mulai beralih ke pertanian. Penyerahan bibit pohon alpukat ini dilakukan di 20 desa tersebar di Kabupaten Buleleng, Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Tabanan. Gerakan turun ke desa ini dikomando langsung Ketua DPD I Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry didampingi Ketua Badan Pembinaan dan Pemberdayaan Petani Golkar Bali Jero Tesan, Wakil Ketua Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPD I Golkar Bali Dewa Made Suamba Negara dan Wakil Ketua Hubungan Ormas Golkar Bali Komang Agus Satuhedi.

Ketua DPD I Golkar Bali Sugawa Korry dalam keterangan persnya di Gedung DPRD Bali, Niti Mandala Denpasar, Selasa (8/2) siang mengatakan penyaluran 20.000 bibit pohon alpukat dilakukan ke desa-desa sejak awal Januari 2022 dan berakhir, Selasa (8/2). "Penyaluran tahap pertama awal Januari lalu dan berakhir kemarin sudah 20.000 bibit pohon. Kami sebar untuk 150 kelompok tani yang tersebar di 20 desa di Kabupaten Buleleng, Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Tabanan," ujar Sugawa Korry.

Untuk tahap kedua, kata Sugawa Korry, DPD I Golkar Bali akan memulai mendistribusikan bibit pohon alpukat lagi sebanyak 30.000 pohon, pada April 2022. Sasarannya adalah di Kabupaten/Kota di Bali. "Tahap kedua kita distribusikan lagi 30.000 pohon untuk petani di kabupaten/kota. Kita ingin menggerakan perekonomian masyarakat di masa Pandemi Covid-19 melalui penguatan sektor pertanian," tegas politisi asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ini.

Kata Sugawa Korry, sampai saat ini permintaan petani untuk disalurkan bantuan bibit pohon alpukat jenis Has dan Cuba ini mengalir ke Badan Pemberdayaan Petani Golkar Bali. Karena memang alpukat ini punya kualitas ekspor dan sangat menjanjikan. "Kita akan layani permintaan petani di kabupaten/kota dengan 30.000 pohon lagi pada April 2022 mendatang," ujar Wakil Ketua DPRD Bali ini.

Sugawa menyebutkan sebelumnya Golkar Bali juga telah menyalurkan 30.000 bibit vanili ke para petani. Golkar Bali langsung memberikan pembinaan dalam stek batang vanili dan cara membudidayakan. Sementara Jero Tesan secara terpisah mengatakan para petani tidak hanya dibantu bibit pohon saja. Mereka diberikan pelatihan, pembinaan, cara untuk mengokulasi mata stek batang dan selanjutnya memasang registrasi pohon ke dinas terkait untuk diberikan barcode. *nat

Komentar