nusabali

Kasus Covid-19 Melonjak, Alun-alun Gianyar Kembali Ditutup

  • www.nusabali.com-kasus-covid-19-melonjak-alun-alun-gianyar-kembali-ditutup

GIANYAR, NusaBali
Alun-alun Kota Gianyar yang menjadi tempat olahraga dan rekreasi masyarakat, kini ditutup kembali, menyusul lonjakan kasus Covid-19 yang melonjak.

Sejak Senin (7/2) dini hari, alun alun ini tahun lalu direnovasi dengan biaya Rp 23 miliar ini dijaga petugas Polsek Kota Gianyar. Dengan sedikit kecewa, masyarakat yang akan berolahraga mau mengikuti imbauan petugas dan angkat kaki dari alun-alun. Sekitar pukul 05.30 Wita, belasan petugas Polsek Kota Gianyar menggelar Apel di Alun-alun Gianyar. Sejumlah warga sudah berolahraga di alun-alun dan tidak menyangka jika kehadiran polisi ini untuk mengosongkan alun-alun. Usai apel, dengan pendekatan humanis, satu per satu warga didekati. Beberapa warga meminta waktu hingga satu hingga dua putaran alun-alun lagi. Namun  petugas tidak mengizinkan untuk menghindari kedatangan warga lain.

Warga yang sebagian besar sudah uzur mau mengerti dan meninggalkan alun-alun. Sementara itu, personil polisi lainnya berjaga di depan dan samping alun-alun untuk mencegah warga yaang baru datang.

Kapolsek Kota Gianyar Kompol I Gede Putu Putra Astawa membenarkan pihaknya melaksanakan imbauan pembatasan kerumunan di Alun-alun Gianyar. Senin dinihari pihaknya personil piket fungsi Polsek Kota  untuk turun ke alun-alun untuk mensterilisasi dan memberikan imbauan  kepada  masyarakat yang melaksanakan olahraga. "Jangan dulu beraktivitas di Alun- alun Gianyar, karena terjadi peningkatan jumlah warga terpapar Covid-19 varian Omicron di Gianyar," ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapolsel mengaku akan berkoordinasi dengan TNI dan Satpol PP untuk memantau alun-alun dan sejumlah pusat keramaian lain. Apabila ada warga yang datang ke alun-Alun Gianyar untuk olahraga dan sejenisnya akan diminta untuk pulang. " Nantinya, anggota yang ditugaskan di alun-alun Gianyar bakal secara tegas menyuruh warga agar pulang," tegasnya.

Pemantauan juga akan dilaksanakan ke tempat kerumunan lainnya. Termasuk ke tempat hiburan malam seperti billyard dan cafe. "Mengantisipasi lonjakan paparan Covid -19, kami mengantisipasi semua tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan," tegasnya.*nvi

Komentar