nusabali

PKK Kayu Mas Kelod Bentuk Bank Sampah

Ajak Warga Peduli dan Jaga Lingkungan

  • www.nusabali.com-pkk-kayu-mas-kelod-bentuk-bank-sampah

DENPASAR, NusaBali
PKK di Banjar Kayu Mas Kelod, Kelurahan Dangin Puri, Denpasar Timur membentuk bank sampah Kayumas Kelod Bersemi di Banjar Kayu Mas Kelod, Kelurahan Dangin Puri, Denpasar Timur, Sabtu (5/2).

Dengan adanya Bank Sampah diharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Lurah Dangin Puri, I Gusti Agung Gede Okariawan mengatakan Bank Sampah ini didirikan atas inisiatif PKK yang didukung oleh kepala lingkungan (Kaling) dan Prajuru Banjar Kayumas Kelod. Dengan adanya Bank Sampah Kayumas Kelod Bersemi ini, menambah jumlah bank sampah di kawasan itu menjadi tiga bank sampah di Kelurahan Dangin Puri. "Secara bertahap kami dorong setiap Banjar/Lingkungan memiliki Bank Sampah," ujar Okariawan.

Lebih lanjut dijelaskan, bank sampah ini diharapkan bisa mengurangi sampah yang terbuang ke TPS dan diharapkan membuat lingkungan menjadi bersih dan membuat sampah jadi barang bernilai ekonomis. "Saat ini setelah diluncurkan langsung gerak cepat mencatat keanggotaan, sehingga kami harapkan masyarakat ikut peduli lingkungan lewat bank sampah," ujarnya.

Okariawan menambahkan, dengan program ini selain menjaga lingkungan, juga diharapkan mampu berkontribusi dalam mengatasi permasalahan sampah perkotaan serta mengurangi volume sampah menuju TPA. Adapun jadwal Bank Sampah Kayumas Kelod Bersemi ditetapkan rutin setiap bulan pada hari Sabtu minggu pertama mulai pukul 09.00-11.00 Wita.

"Mari bersama menabung sampah di Bank Sampah, Lingkungan bersih dan mendapat berkah," jelasnya. Sementara Ketua Bank Sampah Kayumas Kelod Bersemi, Lastri mengatakan pihaknya berusaha memberi kesadaran kepada warga di wilayah Banjar Kayumas Kelod. Hal ini berkenaan bagaimana sampah juga bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan apabila dikumpulkan secara teratur.

Selain juga untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan.  “Semoga banjar/lingkungan di Denpasar melakukan gebrakan membuat Bank Sampah untuk mendukung program pemilahan sampah serta menjaga lingkungan,” ujarnya. *mis

Komentar