nusabali

Kasus Covid-19 Meningkat, Tim Ketatkan Prokes Malam

  • www.nusabali.com-kasus-covid-19-meningkat-tim-ketatkan-prokes-malam

TABANAN, NusaBali
Tim Yustisi Kabupaten Tabanan terus memperketat protokol kesehatan (prokes) Covid-19, Sabtu (5/2).

Tim menyasar tempat keramaian, utamanya di sekitar Jalan Gajah Mada kawasan Pasar Tabanan, Kecamatan Tabanan dan kawasan pasar Kediri di Kecamatan Kediri.  Hasil dari pengawasan tersebut, lima orang ditemukan tak memakai masker. Sementara itu, Kodim 1619/Tabanan kerahkan personel jaga tempat isolasi terpusat.

Kepala Satpol PP Tabanan I Gede Sukanada mengatakan pengawasan prokes dilakukan seiring dengan jumlah kasus Covid-19 terus meningkat. Sebelum itu, pihaknya  bekerja sama dengan TNI dan Polri aktif mengawasi protokol kesehatan. "Kali ini pengetatan yang kami lakukan, utamanya pada malam minggu," jelasnya, Minggu (6/2).

Kata dia dari hasil pengawasan tersebut, lima warga ditemukan tak menggunakan masker. Selain itu ada pula masyarakat yang ditemukan tidak menggunakan masker dengan baik. "Terhadap mereka kita sudah berikan teguran lisan untuk tidak mengulangi lagi perbuatanya karena covid-19 belum reda, ditambah pula kembali terjadi peningkatan kasus," katanya.

Menurutnya, selain menyasar pelanggar yang tak menggunakan masker, sejumlah tempat usaha dan pelayanan fasilitas publik, kembali ditekankan menerapkan prokes Covid-19 dengan baik. Penerapan prokes jangan sampai kendor. "Pengawasan kami rutin bersama TNI dan Polri," imbuhnya.

Disingung apakah akan ada penutupan fasilitas publik mengingat lonjakan kasus terus meningkat, mantan Kepala Dinas Pariwisata Tabanan ini mengatakan masih menunggu keputusan Satgas dan arahan pimpinan.

Terpisah, jajaran TNI Kodim 1619/Tabanan mengerahkan pasukan untuk menjaga tempat isoter di Wisma Kwarda Pramuka Bali di Areal TPB Margarana, Kecamatan Marga. Saat ini yang terisolasi di mes tersebut baru 2 orang dari ketersediaan bed sebanyak 18.

Dandim 1619 Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto menyampaikan pengamanan yang dilakukan bekerja sama dengan Tim Satgas Covid-19 Tabanan. Sebab sesuai dengan arahan Satgas, tempat isoter di Tabanan sekarang disiapkan di Wisma Kwarda Pramuka Bali.

Guna mencegah penularan pandemi, kata Dandim Adianto, pihaknya bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Tabanan secara masif melaksanakan patroli gabungan pendisiplinan masyarakat terkait prokes dan meningkatkan kesadaran masyarakat. Pengetatan prokes juga di perkantoran, toko-toko, rumah makan dengan mengaktifkan penggunaan aplikasi pedulilindungi dalam setiap aktivitas. "Kami harapkan masyarakat, karena virus belum hilang. Jangan kendor untuk terapkan prokes dengan baik," tandasnya.*des

Komentar